Asian Games 2018: Timnas Voli Putra dan Putri Indonesia Diumumkan

Jakarta Pertamina Energi melawan Jakarta PGN Popsivo Polwan dalam Final Four Putaran Kedua Proliga 2018 di GOR Sritex Arena, Solo, Jumat (6/4 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
09 April 2018 13:57 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SOLO – Badan Tim Nasional (BTN) secara resmi mengumumkan 18 pemain voli putra dan 18 pemain voli putri yang masuk Timnas Indonesia untuk tampil di Asian Games 2018.

Ke-18 pemain yang masuk final itu dijadwalkan menjalani pelatnas di Padepokan Bola Voli Jenderal Kunarto di Sentul, Bogor, mulai 23 April 2018 mendatang. Ke-18 pemain itu akan disaring lagi menjadi 14 pemain putra dan 14 pemain putri.

"Dari 18 pemain itu, baik putra dan putri, terdiri dari 5 pemain open spiker, 5 quick spiker, 3 tosser, 3 all around, dan 2 libero," kata anggota BTN Bidang Pemilihan Atlit dan Pelatih Gugi Gustaman dalam jumpa pers di GOR Sritex Arena Solo, Minggu (8/4/2018).

Penentuan siapa pemain yang masuk timnas dilakukan berdasar hasil pengamatan BTN selama berlangsungnya Proliga 2018. Proses seleksi para pemain tersebut juga melibatkan para pelatih tim dengan cara menyebarkan kuesioner. "Proliga 2018 ini bagian dari pelatnas. Sebab selama mengikuti Proliga, fisik mereka tetap terjaga," papar Gugi.

Anggota BTN, Mahfud Irsyada, menambahkan dari 18 pemain putra dan 18 yang terpilih, sebagian besar sudah menjadi andalan timnas di SEA Games tahun lalu. Adapun pelatih yang terpilih untuk tim putra adalah Samsul Jais (pelatih tim Palembang Bank Sumsel Babel) dan Muhammad Anshori (pelatih tim putri Jakarta Pertamina Energi).

"Untuk mematangkan persiapan tim, kami akan mengirimkan tim putri ke Kazakhtan. Sementara tim putra akan dikirim ke Vietnam," terang Mahfud.

18 pemain timnas voli putra : Agung Seganti, Sigit Ardian, Rendy Ferdiant Tamamilang, Doni Haryono, Galih Bayu Saputra, Yuda Mardiansyah, Antho Bertiyawan, Hernanda Zulfi, Mahfud Nurcahyadi, Malizi, Nizar Julfikar Munawar, Dio Zulfikri, Aji Maulana, Rivan Nurmulki, Ramzil Huda, Okky Darma Saputra, Veleg Dhany Ristan K, Delly Dwi Putra Heryanto.

Pelatih kepala: Samsul Jais didampingi asisten pelatih Andri Widiatmoko, Joni Sugiyatno, M Alim Suseno.

18 pemain timnas voli putri : Amalia Fajrina Nabila, Aprilia Santini Manganang, Megawati Hangestri Pertiwi, Novia Andriyanti, Amasya Manganang, Wilda Siti Nur Fadhilah Sugandi, Arsela Nuari Purnama, Asih Titi Pagestuti, Putri Andya Agustina, Rika Dwi Latri, Yola Yuliana, Nandita Ayu Salsabila, Hanny Budiarti, Yulis Indahyani, Berlian Marsheilla, Tri Retno Mutiara, Yolana Betha Pangestika, Khalisa Azila Rahma.

Pelatih kepala: M Anshori, asisten Walfidrus Wahyu Telagasari, Labib. Trainer Niko Dwi Purwanto

Tokopedia