Juju Noda, Bocah SD Jawara Jet Darat Formula 3

Juju Noda berdiri di samping mobil balap Formula 3 yang akan dia uji kemampuannya (Instagram)
14 April 2018 09:08 WIB Muhammad Rizal Fikri Sport Share :

Solopos.com, OKAYAMA – Balapan identik dengan olahraga yang didominasi pria dewasa. Meski demikian, bukan tidak mungkin balapan diikuti peremuan ataupun anak-anak. Bocah SD asal Okayama, Jepang, Junu Noda, 12, memenuhi syarat sebagai hal yang tak biasa di ajang balapan.

Juju Noda mengenal balapan sejak usia tiga tahun. Ia mendapat hadiah mobil balap mini dari ayahnya waktu itu. Ayahnya adalah mantan pembalap Formula 1 dan Indycar Racer, Hideki Noda. Di usianya yang masih belia, Juju mencetak beberapa rekor di dunia balapan. Target utamanya saat dewasa kelak menjadi perempuan pertama yang mampu menjuarai Formula 1.

Berdasarkan liputan Great Big Story yang diunggah di Youtube Selasa (10/4/2018), Juju menjadi pembalap termuda di Jepang yang mendapat kontrak profesional dengan sebuah produk. Juju pertama kali mengikuti balapan setara Formula 4 pada usia sembilan tahun. Bahkan ia mampu mengalahkan pembalap lain yang lebih tua.

Dikutip dari Forbes, pertengahan 2017 Juju mencetak rekor lap tercepat di sirkuit Okayama menggunakan mobil balap setara Formula 4. Meski demikian, balapan yang diikuti Juju bukan balapan Formula resmi. Seluruh balapan Formula 4 mewajibkan pesertanya berusia minimal 15 tahun. Meski demikian, Hideki tak berhenti melatih putrinya, setelah memenangkan berbagai balapan lokal setara Formula 4, Hideki dan istrinya menganggap Juju siap untuk Formula 3.

“Sekarang dia sudah menguasai mobil Formula 4 dan mencetak rekor di Okayama. Ini waktunya Juju naik kelas dengan mobil Formula 3,” jelas ibu Juju, Masae Noda.

Intip aksi Juju dengan mobil balap Formula 3 melalui video di bawah ini:

 

Tokopedia