Atlet Panjat Tebing Solo Jalani TC di Rusia

Alfian M. Fajri (Istimewa)
18 April 2018 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SOLO — Atlet panjang tebing berbakat asal Solo, Alfian Muhammad Fajri, bakal menjemput pengalaman berharga setelah terpilih untuk menjalani tryout dan training camp di Moskow, Rusia dan Tiongkok. Agenda yang digelar selama sebulan penuh, 17-April-16 Mei 2018, tersebut dalam rangka pemantapan atlet jelang Asian Games 2018.

Alfian yang tergabung di pelatnas Asian Games sejak Februari 2018 menjadi satu dari tiga atlet pelatnas panjat tebing asal Jawa Tengah yang berangkat ke Rusia. Selain Alfian, atlet yang menimba ilmu di Negara Beruang Merah yakni Agustina Sari (Blora) dan Aries Susanti Rahayu (Grobogan).

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Solo, Heri “Aan” Kurniawan, mengatakan Alfian sudah bertolak dari Solo, Selasa (17/4/2018) untuk menuju Rusia. Para atlet akan transit di Jakarta dan Bangkok sebelum terbang ke Moskow. “Alfian ini salah satu produk asli Solo yang muda dan potensial. Kami berharap gemblengan di Rusia dan Tiongkok dapat mengasah kemampuan dan mentalnya,” ujar Aan saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Para atlet tak hanya mengikuti training camp selama di luar negeri. Alfian yang turun di kategori speed dijadwalkan mengikuti turnamen 3rd World Cup di di Moskow pada 19-23 April. Atlet 19 tahun itu selanjutnya akan menjalani training camp di Tyumen, Rusia, pada 24 April hingga 2 Mei 2018. Setelah agenda tersebut, World Cup di Chongqing, Tiongkok, sudah menunggu Alfian pada 5-6 Mei 2018.

Menurut Aan, pengalaman bertanding di luar negeri bakal sangat berharga untuk menghadapi atmosfer Asian Games. Apalagi ini kali pertama Alfian terjun di ajang multievent tertinggi di Benua Asia tersebut. “Kami dari Solo hanya menitip pesan agar Alfian menjaga semangat bertanding dan sportivitas, di manapun kompetisi digelar,” ucap Aan.

Kontingen Indonesia sendiri menyiapkan 20 atlet untuk Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Jumlah itu dibagi dalam empat nomor yakni 16 atlet putra-putri di nomor speed dan empat atlet putra-putri di nomor combine. “Harapan kami Alfian bisa meraih medali emas di Asian Games perdananya,” pungkas Aan.

Tokopedia