Popda Jateng: Solo Juara Umum II Tingkat SD

Ilustrasi silat (Solopos/Whisnupaksa)
28 April 2018 00:25 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SEMARANG — Kontingen Kota Solo mampu meraih Juara Umum II pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat SD di Jawa Tengah (Jateng) di Semarang, Selasa-Kamis (24-26/4/2018). Kontingen Solo membawa pulang 14 medali emas, 7 medali perak dan 6 medali perunggu.

Perolehan medali emas dari kontingen Solo sebetulnya sama dengan yang diraih kontingen Semarang. Namun, Semarang lebih unggul dalam perolehan medali perak dan perunggu masing-masing 12 dan 10. Kontingen Kabupaten Sukoharjo menduduki peringkat sembilan besar dengan raihan 4 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Selain kontingen Solo dan Sukoharjo, tidak ada wakil dari Soloraya yang masuk 10 besar.

Sebanyak 4 dari 14 medali emas yang diraih kontingen Solo disumbangkan cabang olahraga (cabor) taekwondo. Cabor ini meraih juara umum setelah mengoleksi 4 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu. Empat medali emas dari cabor taekwondo masing-masing dipersembahkan Naswa Ayudhia siswi SDN Petoran 154 di kelas under 29 kg, Aqila Kezia siswi SDN Pajang 1 di kelas 31 kg, Angela Tanu Jaya siswi SD Warga di kelas under 35 kg dan Nareswari Fahima siswi SD Al Azhar Syifa Budi di kelas over 38-44 kg.

“Kontingen cabor taekwondo Solo bisa mengungguli Semarang yang meraih 3 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali peruggu. Saya berterima kasih kepada semua atlet muda kami yang sudah berjuang keras di kejuaraan ini,” jelas Kepala Bidang Prestasi, Pengurus Kota (Pengkot) Taekwondo Indonesia (TI) Solo, Ali Sholikin, kepada Solopos.com, Jumat (27/4/2018).

Predikat juara umum yang diraih cabor taekwondo Solo di ajang Popda SD Jateng itu terasa lebih istimewa. Ini karena dua pekan sebelumnya, predikat juara umum juga diraih cabor taekwondo Solo di ajang Popda SMP Jateng yang digelar di GOR Futsal Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Bila bisa meraih juara umum di Popda SMA Jateng yang digelar pada 6-9 Mei 2018, pembinaan atlet muda taekwondo Solo bisa dibilang menjadi yang terbaik di Jawa Tengah.