Crutchlow Pole Position, GP Spanyol Hadirkan Kejutan?

Cal Crutchlow (Reuters/Marcos Brindicci)
06 Mei 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, JEREZ — Ajang balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5) malam WIB, diprediksi bakal menyajikan beragam kejutan. Hal ini setelah Cal Crutchlow secara sensasional meraih pole position sekaligus mencatatkan rekor lap baru di Jerez. Di sisi lain, juara bertahan Marc Marquez harus puas start dari posisi kelima.

Kejutan sudah banyak muncul dalam sesi kualifikasi, Sabtu (5/5/2018) malam WIB. Praktis tak ada pembalap unggulan yang masuk empat besar pembalap tercepat. Setelah Crutchlow, rider yang mencatatkan waktu terbaik adalah Dani Pedrosa, Johann Zarco dan Jorge Lorenzo. Adapun Andrea Dovizioso hanya berada di peringkat kedelapan. Duo Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales malah cuma berada di posisi 10 dan 11.

Tokopedia

“Invasi” rider medioker di barisan start depan tentu berpotensi mengacaukan konstelasi persaingan rider papan atas. Bagi Marquez, laga di kandang sendiri sebenarnya ingin dimanfaatkan untuk meraih hasil terbaik. Apalagi The Baby Alien masih tertinggal satu poin dari Dovizioso di puncak klasemen.

Sayangnya penampilan Marquez justru kurang meyakinkan karena sempat terjatuh di latihan bebas kedua dan keempat. “Saya sebenarnya tak terlalu ngotot mengejar waktu lap terbaik. Aneh, kami harus segera menemukan penyebabnya sebelum race,” ujar Marquez dilansir Motorsport, Sabtu.

Tak hanya Marquez, sesi kualifikasi juga membikin Rossi frustrasi. Pembalap senior asal Italia itu tampak belum bisa beradaptasi dengan aspal baru Jerez. Sebelumnya, Rossi terhitung piawai menaklukkan sirkuit sepanjang 4,4 kilometer itu.

Dia adalah pembalap yang meraih kemenangan terbanyak di Jerez yakni tujuh kemenangan. “Kami menderita ketika suhu mulai meningkat. Ini jelas berkaitan dengan kondisi aspal baru,” keluh Rossi.