3 Pembalap Top Tabrakan, Marquez Juara GP Spanyol

Marc Marquez (Twitter)
06 Mei 2018 19:47 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, JEREZ - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjadi juara di GP Spanyol 2018. Marquez mengungguli Johann Zarco (Yamaha Tech 3) dan Andrea Iannone (Suzuki) yang finis di posisi kedua dan ketiga.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5/2018) malam WIB, Jorge Lorenzo yang start dari posisi keempat langsung menyodok ke posisi pertama. Dia berada di depan Dani Pedrosa dan Johann Zarco. Cal Crutchlow yang meraih pole position pun harus puas di posisi keempat.

Marc Marquez lantas menunjukkan kecepatannya selepasa dua putaran. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu sudah berada di posisi kedua. Enam putaran kemudian, Marquez mampu menyalip Lorenzo untuk menempati posisi pertama.

Di sisi lain, duo Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales gagal bersinar. Rossi hanya mampu menempati posisi kedelapan hingga memasuki putaranke-14. Sementara Vinales justru terlempar dari 10 besar.

Perebutan posisi pertama sendiri berjalan alot. Marquez terus dipepet oleh Lorenzo dan Pedrosa. Namun, pembalap asal Spanyol itu perlahan meninggalkan para rivalnya. Jarak dengan Lorenzo di posisi kedua pun mencapai 1,7 detik pada putaran ke-15.

Persaingan ketat justru terjadi di belakang Marquez. Dovizioso berhasil menyodok ke empat besar. Dia pun terlibat saling salip dengan Pedrosa untuk memperebutkan posisi ketiga. Jarang Lorenzo, Dovizioso, dan Pedrosa pun sangat tipis di posisi kedua, ketiga, dan keempat.

Lap ke-17, terjadi kecelakaan yang melibatkan Lorenzo, Dovizioso, dan Pedrosa. Dovi yang mencoba menyalip Lorenzo justru melebar. Lorenzo pun berhasil mengamankan posisi, namun dari belakang Pedrosa yang hendak menyalip keduanya menabrak Lorenzo. Keduanya terpental, motor Lorenzo lantas mengenai Dovizioso yang akhirnya ikut terjatuh.

Tiga pembalap di belakangnya jatuh, Marquez pun berada di atas angin. Dia melaju sendirian di depan. Posisi kedua kemudian diduduki Johan Zarco yang terpaut 7 detik dari Marquez. Sementara posisi ketiga ditempati Danilo Petrucci yang terus diapit Andrea Iannone, Jack Miller, dan Valentino Rossi.

Hingga akhir balapan, Marquez tetap mempertahankan posisi di peringkat pertama. Mengekor Marquez untuk naik ke podium adalah Johann Zarco dan Andrea Iannone. Sementara posisi keempat dan kelima diduduki Danilo Petrucci dan Valentino Rossi.