Formula 1 2018: Jelang GP Spanyol, McLaren Ganti Desain Mobil

Pembalap McLaren, Stoffel vandoome. (Reuters/Albert Gea)
12 Mei 2018 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, CATALUNYA — Tim McLaren melakukan perubahan desain mobil MCL33 pada ajang GP Spanyol Formula 1 2018 di Sirkuit Catalunya. Perubahan itu terletak pada sayap dan hidung mobil yang berdesain lebih “radikal” dan berani. Selain pengembangan desain mobil, McLaren memperkenalkan paket upgrade mesin jelang race, Minggu (13/5/2018).

Perubahan tersebut tampaknya lumayan berhasil jika dilihat dari hasil latihan bebas pertama di Sirkuit Catalunya, Jumat (11/5/2018) malam WIB. Pembalap utama McLaren, Fernando Alonso, berhasil merangsek ke peringkat enam, selisih 1,7 detik dari Valtteri Bottas sebagai pembalap tercepat. Rekan Alonso, Stoffel Vandoorne, juga meraih hasil cukup bagus dengan nangkring di peringkat sembilan.

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia

Musim ini McLaren memang berambisi menembus persaingan papan tengah konstruktor setelah tahun lalu tampil jeblok. Di awal musim Formula 1 2018, McLaren tampil lumayan dengan berada di posisi empat klasemen.

Mereka mengantongi 36 poin dari empat race yang sudah berjalan. Namun posisi mereka masih belum aman karena Renault mengintai di posisi lima dengan selisih satu poin. Belum lagi Force India yang sewaktu-waktu bisa memunculkan kejutan seperti musim lalu.

Vandoorne menepis persepsi bahwa pekan ini menjadi titik kritis musim McLaren di 2018. Menurutnya, GP Spanyol justru akan menjadi awal positif pengembangan mobil mereka. Hal itu dibuktikan dengan pengaplikasian hidung dan sayap baru di MCL33.

“Ini hanyalah pekan pertama di mana kami membawa banyak komponen baru. Mudah-mudahan ini bisa menjadi awal positif dan kami bisa terus berkembang mulai sekarang,” ujarnya dilansir Motorsport.