Kemenangan Hamilton di GP Spanyol Bukan Keberuntungan

Lewis Hamilton menjuarai GP Spanyol Formula 1 2018 (Reuters/Juan Medina)
14 Mei 2018 17:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, BARCELONA — Lewis Hamilton mulai berlari kencang di kejuaraan Formula 1 (F1) 2018 setelah meraih podium utama GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (13/5/2018) malam WIB.

Tak tertahankan sejak awal balapan, Hamilton sukses menghancurkan persaingan dengan finis 21 detik di depan Valtteri Bottas yang meraih posisi runner up. Ini adalah kemenangan kedua beruntun Hamilton setelah dua pekan lalu menjuarai GP Azerbaijan.

Tokopedia

Jika saat itu Hamilton dinilai beruntung menjuarai race di Sirkuit Baku menyusul sejumlah driver yang gagal finis, beda halnya dengan di Catalunya. Keunggulan 21 detik dari posisi kedua menunjukkan betapa meyakinkannya performa Hamilton di seri perdana Eropa musim ini.

“Kerja yang luar biasa! Hari ini saya merasakan sinergi dengan mobil yang belum pernah saya rasakan tahun ini,” ujar Hamilton seperti dilansir Motorsport, Minggu.

Kemenangan tersebut membawa pembalap Mercedes itu kukuh di puncak klasemen dengan 95 poin dari lima balapan. Hamilton unggul 17 angka dari saingan terdekatnya, Sebastian Vettel, yang di GP Spanyol hanya mampu finis di posisi keempat. Vettel gagal meraih podium setelah melakukan perjudian pitstop saat safety car.

Alih-alih menghemat waktu, Vettel yang sebelumnya berada di posisi kedua malah turun ke posisi empat. Lajunya tertahan oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen, yang mampu melengkapi podium meski mobilnya mengalami kerusakan sayap depan. Itu adalah podium pertama Verstappen setelah berulangkali mengalami nasib buruk musim ini.

Sementara itu, Charles Leclerc melanjutkan penampilan gemilangnya dengan meraih posisi 10 untuk membawa pulang satu poin. Di seri sebelumnya, rookie asal Sauber itu mampu finis di peringkat keenam.