Moto GP 2018: Marquez Terus Menang, Persaingan Mulai Membosankan

Marc Marquez (Reuters/Marcos Brindicci)
21 Mei 2018 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, LE MANS — Balapan Moto GP 2018 memang baru memasuki seri kelima. Namun persaingan menuju titel juara dunia sudah mulai menunjukkan gejala membosankan.

Hal itu setelah Marc Marquez meraih kemenangan ketiga beruntun musim ini saat menjuarai GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5/2018) malam WIB. Hasil tersebut membawa Marquez kian kukuh di puncak klasemen dengan 95 poin, sekaligus menyamai pencapaian Casey Stoner di kelas premier (38 kemenangan).

Maverick Vinales yang menjadi pesaing terdekat baru mengemas 59 poin, tertinggal 36 angka dari Marquez. Andrea Dovizioso dan Johann Zarco yang digadang-gadang bisa mengganggu dominasi Marquez justru gagal meraih poin di Le Mans. Keduanya terjatuh setelah sempat berada di barisan depan balapan.

Marquez sendiri tak tertahankan sejak putaran ke-10 setelah menyalip Jorge Lorenzo. “Saya menekan sejak awal balapan. Saya gembira sebab biasanya kami berjuang keras untuk menang di sini,” ujar Marquez seperti dilansir Crash, Minggu.

Marquez sebenarnya tak mengawali race dengan baik setelah terlempar ke posisi kelima selepas start. Barisan pertama justru diisi Lorenzo, Dovizioso dan Danilo Petrucci. Dovi kemudian menyalip Lorenzo. Namun belum genap lima lap, Dovi terjatuh di tikungan 6. Ini kali kedua pembalap Ducati itu pulang dengan tangan hampa setelah gagal finis di Jerez. Hal tersebut membuat Dovi terlempar ke peringkat sembilan klasemen dengan 46 poin.

Di sisi lain, penampilan duo Pramac Ducati, Petrucci dan Jack Miller, di Le Mans patut diacungi jempol. Keduanya sukses menembus empat besar. Petrucci bahkan mampu meraih runner up yang membuat posisinya di klasemen melompat ke peringkat lima dengan 54 poin. Dia kini hanya berselisih lima angka dari Vinales di peringkat kedua klasemen.

“Balapan di Argentina dan Austin menjadi momen berat bagi saya. Saya sangat gembira dengan hasil ini sebelum tampil di rumah sendiri [Sirkuit Mugello],” ujar Petrucci. Race selanjutnya akan digelar di Mugello, Italia, 3 Juni mendatang. 

Tokopedia