Hasil Lengkap Kualifikasi Moto GP Italia, Rossi Pertama Sejak 18 Bulan!

Valentino Rossi (Twitter - ValeYellow46)
02 Juni 2018 21:28 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, MUGELLO -- Valentino Rossi tampil impresif pada sesi kualifikasi MotoGP Italia, Sabtu (2/6/2018). Pembalap Movistar Yamaha tersebut berhasil menjadi yang tercepat dan berhak menempati pole position pada sesi balapan, Minggu (3/6/2018).

Posisi Rossi merupakan pole position pertama bagi mantan juara MotoGP dunia tujuh kali sejak Grand Prix Jepang pada Oktober 2016. Pada kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Rossi membukukan catatan waktu terbaiknya yakni 1 menit 46,208 detik dari 8 lap.

Valentino Rossi mengalahkan mantan rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang berada di posisi kedua. Pembalap Ducati itu kalah +0,035 detik dari catatan Rossi. Posisi ketiga ditempati Maverick Vinales dengan waktu terbaiknya 1 menit 46,304 detik. 

Posisi keempat ditempati pembalap Suzuki, Andrea Iannone, dengan 1 menit 46,347 detik. Posisi lima besar ditempati pembalap asal Italia yang membela Pramac Ducati, Danilo Petrucci. Juara bertahan dari Repsol Honda, Marc Marquez, berada di posisi keenam. Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, meraih hasil kurang baik dan harus menduduki posisi 20.

“Saya sangat senang. Ini kejutan. Besok akan sedikit lebih sulit, tapi untuk saat ini aku menikmati momen itu,” kata Rossi yang disambut antusias oleh ribuan pendukung tuan rumah di lintasan di mana dia pernah memenangi kelas MotoGP tujuh tahun berturut-turut antara 2002 dan 2008 seperti dilansir Yahoo7News, Sabtu.

Sementara itu, test rider Ducati, Michele Pirro, yang turun sebagai pembalap wildcard di Mugello mengalami nasib buruk di FP2 MotoGP Italia. Michele Pirro terlihat terkapar setelah kejadian di tikungan 1 atau tikungan San Donato.

Masih belum diketahui penyebab kejadian yang dialami Michele Pirro. Saat kejadian, Andrea Iannone sedang keluar dari pitlane menuju sirkuit. “Secara umum, kami telah bekerja dengan baik dan telah meningkatkan waktu lap kami sedikit dari pagi hari. Saya ingin menambahkan bahwa saya berharap Michele [Pirro] sembuh dan akan segera kembali,” kata Marquez seperti dilansir Crash.