Moto GP 2018: Duo Ducati Berjaya di Italia, Rossi Finis Ketiga

Jorge Lorenzo (Reuters/Alessandro Bianchi)
03 Juni 2018 19:48 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, MUGELLO - Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, keluar sebagai juara Moto GP Italia 2018. Lorenzo mengungguli rekan setimnya, Andrea Dovizioso, dan rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (3/6/2018) malam WIB, Jorge Lorenzo yang start dari posisi kedua langsung menyodok ke depan. Dia mengungguli Valentino Rossi yang start dari posisi paling depan.

Marc Marquez juga sempat menyodok ke depan selepas start. Namun, dia melebar sehingga harus puas di posisi kelima. Tapi, tak lama kemudian Marquez mampu menduduki posisi ketiga di belakang Lorenzo dan Rossi. Dia mampu menyalip Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso.

Di sisi lain, rekan setim Rossi, Maverick Vinales, melorot ke posisi kedelapan. Padahal, dia memulai balapan dari posisi ketiga. Pada putaran ketiga, Rossi harus rela disalip Marquez. Dia pun terus membuntuti Lorenzo yang tak tergoyahkan di posisi pertama.

Petaka menghampiri Marquez, dua lap berikutnya. Dia mengalami crash dan terjatuh. Meski begitu, Marquez masih bisa melanjutkan balapan dan berada di posisi ke-18. Setelah itu, giliran Rossi yang posisinya melorot. The Doctor berturut-turut disalip Dovi dan Iannone sehingga harus puas di posisi keempat.

Setelah itu, Lorenzo semakin melebarkan jarak dengan para rival. Dia bahkan unggul 1,1 detik dari Dovizioso di posisi kedua pada putaran ke-10. Jarak antarpembalap di barisan terdepan pun mulai agak longgar. Berbeda dengan beberapa lap sebelumnya.

Persaingan sengit terjadi 11 lap sebelum finis. Iannone, Rossi, dan Petrucci berebut posisi ketiga. Duel sesama pembalap Italia itu akhirnya dimenangkan oleh Petrucci setelah langsung menyalip dua rekan senegaranya. Meski posisi ketiganya masih berdempetan.

Sementara itu, Lorenzo semakin jauh meninggalkan Dovi. Jaraknya mencapai 2 detik. Jarak Dovi dengan posisi ketiga yakni Danilo Petrucci pun terbilang jauh yakni mencapai 4 detik. Baru di perebutan tempat ketiga ini persaingannya ketat yakni melibatkan Petrucci, Rossi, Iannone, dan Alex Rins.

Saat balapan menyisakan lima putaran lagi, Rossi akhirnya mampu merebut posisi ketiga. Dia menyalip Petrucci yang lengah. Petrucci bahkan harus melorot ke posisi kelima karena Iannone berhasil mendahuluinya. Hingga akhir balapan, Rossi berhasil mempertahankan posisi ketiga.

Posisi pertama tetap dipegang oleh Lorenzo. Pembalap asal Spanyol itu menyentuh garis finis dengan catatan waktu 41 menit 43 detik. Diikuti di posisi kedua adalah rekan setimnya di Ducati yang juga pembalap tuan rumah, Andrea Dovizioso.