Warriors Raih Gelar Juara NBA Keenam

Golden State Warriors (Reuters/David Richard)
11 Juni 2018 01:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, CALIFORNIA – Sukses masuk final NBA empat musim beruntun, tiga di antaranya berhasil menjadi juara. Apa lagi yang Anda harapkan dari Golden State Warriors?

Tim yang bermarkas di Oracle Arena itu baru saja sukses meraih gelar keenamnya di NBA setelah membenamkan Cleveland Cavaliers dengan skor telak 4-0 di babak final. Ini sekaligus membawa Warriors berhasil mempertahankan gelar untuk kali pertama sepanjang sejarah mereka.

Membaca perjalanan Warriors sejatinya tak lepas dari jatuh bangun. Sempat berjaya di era 1950-an hingga 1970-an dengan pemain legenda macam Wilt Chamberlain dan Rick Barry, Warriors mengalami titik nadir medio 1990-an hingga 2000-an. Jangankan bersaing menjadi juara, posisi juru kunci Divisi Pasifik Wilayah Barat seperti menjadi langganan tim dari Oakland, California itu.

Namun ungkapan sejarah selalu berputar sepertinya pas untuk Warriors. Pada 2015, mereka mulai menemukan titik balik setelah mengalahkan Cavs, julukan Cavaliers, di final NBA dengan skor 4-2. Bintang-bintang anyar mereka seperti Stephen Curry dan Draymond Green sukses mengantar tim meraih titel pertama dalam 40 tahun.

Setelah musim itu, Warriors makin tak tertahankan dengan selalu masuk ke babak final. Uniknya mereka juga selalu bertemu Cavs di babak pamungkas. Gelar tahun ini adalah kemenangan ketiga Warriors atas Cavaliers dalam empat pertemuan beruntun di final.

“Kami selalu mendambakan sesuatu yang lebih besar dari diri kami sendiri. Saya pikir kami sangat menikmati kesuksesan ini,” ujar small forward Warriors, Kevin Durant, yang juga didapuk sebagai Most Valuable Player (MVP), dilansir Reuters, Sabtu.

Kesuksesan ketiga Warriors dalam empat tahun terakhir membuat Reuters tak ragu melabeli Kevin Durant dkk. sebagai dinasti baru di kancah NBA. Kemenangan 4-0 alias tanpa perlawanan di final melawan Cavs seperti meneguhkan predikat dinasti tersebut. Padahal di final-final sebelumnya melawan Warriors, Le Bron James dkk. selalu mampu mencuri kemenangan minimal satu.

Saat bertanding di game keempat di kandang sendiri, Quicken Loans Arena, Sabtu (9/6/2018), Cavs pun gagal menang (85-108) sehingga memastikan Warriors juara dengan agregat 4-0. Stephen Curry yang gagal menonjol di game ketiga menjadi pencatat poin terbanyak di laga ini dengan 37 poin. Durant meski tak semenonjol gim sebelumnya, mampu membuat triple-double dengan 20 poin, 12 rebounds, dan 10 assists. Chrisna

Tokopedia