Juara Prancis Open 2018, Nadal Pertegas Status Raja Roland Garros

Rafael Nadal juara Prancis Open 2018 (Reuters/Gonzalo Fuentes)
11 Juni 2018 10:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, PARIS — Turnamen Prancis Open mungkin diciptakan untuk seorang Rafael Nadal. Petenis asal Spanyol ini baru saja meraih gelar ke-11 di Roland Garros setelah menumbangkan Dominic Thiem dengan skor 6-4, 6-3, 6-2 dalam final di Lapangan Phillip Chartrier, Minggu (10/6/2018) malam WIB.

Gelar itu sekaligus menjadi trofi grand slam ke-17 sepanjang karier Nadal. Dia kini hanya berjarak tiga gelar dengan peraih grand slam terbanyak dalam sejarah, Roger Federer. Kemenangan Nadal sebenarnya dapat diprediksi lantaran sang petenis selalu menang di 10 final sebelumnya di Roland Garros.

Dengan 11 gelar Prancis Open di tangan, Nadal kini sejajar dengan Margaret Court yang mampu memenangi satu ajang hingga 11 kali. Namun Margaret Court melakukannya di Australian Open, beberapa di antaranya diraih sebelum era tenis profesional.

Thiem yang digadang-gadang mampu mematahkan dominasi Nadal sebenarnya bermain baik di set pertama saat mencuri empat poin. Sayang Thiem yang pernah dua kali mengalahkan Nadal dalam dua tahun terakhir membuat beberapa kesalahan sendiri sehingga Nadal bisa unggul.

Angin semakin berpihak pada Nadal di set selanjutnya saat dia menang dengan skor 6-3 dan 6-2. Kekalahan tersebut menutup asa Thiem untuk meraih gelar grand slam pertamanya sepanjang karier.