Moto GP 2018: Tak Terkejar! Lorenzo Juara GP Catalunya, Rossi Finis Ketiga

Jorge Lorenzo (Reuters/Jon Nazca)
17 Juni 2018 19:46 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, BARCELONA - Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, menjadi pemenang di Moto GP Catalunya 2018. Dia mengungguli Marc Marquez dan Valentino Rossi yang finis di posisi kedua dan ketiga.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Catalunya, Minggu (17/6/2018) malam WIB, Marc Marquez langsung melesat di posisi pertama mengungguli Jorge Lorenzo. Lorenzo yang meraih pole position bahkan harus disalip pembalap Suzuki, Andrea Iannone. Marquez dan Iannone pun bersaing ketat memperebutkan posisi pertama di awal lomba.

Iannone yang mencoba menyalip Marquez justru melebar. Sejak saat itu, posisinya terus menurun. Sesaat setelah menyelesaikan lap pertama, Lorenzo mampu menikung Marquez untuk menjadi yang terdepan. Keduanya diikuti oleh Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi. Dani Pedrosa yang start dari posisi ke-11 mampu menduduki posisi kelima saat balapan memasuki putaran kelima.

Di putaran ini, jarak mulai melebar. Lorenzo unggul 0,4 detik dari Marquez dan 0,7 detik dari Dovizioso. Rossi yang berada di posisi keempat juga mulai ketinggalan dari rombongan terdepan. Dia terpaut 1,9 detik dari Lorenzo.

Pada putaran kedelapan, Dovizioso terjatuh. Pembalap Ducati itu mengalami crash pada tikungan kelima. Hal itu menguntungkan Rossi yang otomatis menduduki posisi ketiga. Namun, jarak Rossi dengan Lorenzo yang memimpin balapan sangat jauh mencapai 3,5 detik.

Setelah itu, Lorenzo semakin tak terkejar. Dia bahkan mulai meninggalkan Marc Marquez yang berada di posisi kedua. Jarak kedua pembalap itu mencapai 1 detik. Sementara dengan Rossi, Lorenzo unggul 5,1 detik.

Persaingan ketat justru terjadi di perebutan posisi keempat. Dani Pedrosa harus bersaing dengan dua pembalap di belakangnya yakni Danilo Petrucci dan Cal Crutchlow. Johann Zarco yang berada di posisi ketujuh juga tak jauh-jauh amat.

Lorenzo masih menduduki posisi pertama saat balapan masih menyisakan delapan lap lagi. Di belakangnya ada Marquez dan Rossi. Disusul kemudian Pedrosa di posisi keempat dan Crutchlow melengkapi posisi lima besar.

Lorenzo akhirnya menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis GP Catalunya 2018. Di posisi kedua ada Marquez yang diikuti oleh Rossi. Cal Crutchlow dan Dani Pedrosa melengkapi posisi lima besar.

Tokopedia