Jusuf Kalla Sebut 45 Negara Daftar Asian Games

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketga kiri) mencoba sepeda BMX ketika meninjau venue BMX di BMX International Center Pulomas, Jakarta, Jumat (29/6 - 2018). (Antara/Wahyu Putro A)
29 Juni 2018 14:15 WIB Newswire Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut sudah 45 negara di kawasan Asia telah mendaftarkan ikut serta dalam kompetisi olahraga internasional Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 mendatang.

"Dari laporan tadi semua negara, 45 sudah mendaftar semuanya. Itu malah melebihi target kami. Atlet hampir 15.000 dan "official 7.000, jadi total 21.000. Karena penyelenggara menyiapkan [untuk] total 15.000, maka lagi disaring untuk menyesuaikan dengan itu," kata Jusuf Kalla seusai memimpin rapat persiapan Asian Games di kantor Inasgoc Senayan, Jakarta, Jumat.

Besarnya minat dari negara-negara Asia untuk mengirimkan atlet mereka ke Asian Games, maka Inasgoc selaku panitia penyelenggara melakukan seleksi untuk menerima atlet-atlet asing tersebut.

"Jadi ada progress [kemajuan], negara-negara itu jauh lebih tinggi minatnya daripada yang kami rencanakan semula, tambahnya. Dengan banyaknya negara yang mendaftar dalam perhelatan Asian Games 2018 tersebut menunjukkan tidak adanya kekhawatiran dari negara asing terhadap kondisi keamanan Indonesia,” kata Jusuf Kalla.

"Mereka tidak ada kekhawatiran. Kalau [soal] terorisme itu tidak ada satu negara pun di dunia ini yang aman [dari ancaman teror]. Di Amerika, Inggris pun demikian. Di mana negara di dunia ini yang aman? Coba Anda cek. Tidak ada di seluruh dunia ini," katanya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kejadian teror, Pemerintah Indonesia dan Inasgoc meningkatkan keamanan dengan menerjunkan tim khusus dari TNI dan Polri.

"Jadi kita dengan TNI, Kepolisian dan keamanan di lapangan, juga cyber security, semuanya berjalan dengan baik," ujarnya.