Kualifikasi GP Belanda Superketat, 10 Pembalap Terpaut 0,3 Detik

Marc Marquez (Reuters/Jon Nazca)
01 Juli 2018 00:00 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, AMSTERDAM -- Tampil dominan sejak sesi latihan bebas, kecemerlangan Marc Marquez berlanjut hingga sesi kualifikasi Moto GP Assen, Belanda, Sabtu (30/6/2018). Rider Repsol Honda ini merebut pole position di Moto GP Belanda dengan raihan satu menit 32,791 detik.

Ini adalah pole position kedua untuk Marquez musim ini setelah GP Amerika. Musim lalu, Marquez meraih tempat ketiga di GP Belanda. Dilansir motorsport.com, pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, menempati peringkat kedua. Pembalap Movistar Yamaha yang menjuarai Moto GP Belanda musim lalu, Valentino Rossi, berada di tempat ketiga diikuti Andrea Dovizioso.

Sesi kualifikasi Moto GP Assen ini berjalan cukup ketat. Setidaknya ada 10 pembalap yang mencatatkan waktu terbaik hanya terpaut 0,3 detik. Jorge Lorenzo yang sempat memimpin kualifikasi justru terdampar di tempat ke-10.

Keberhasilan Marquez merebut pole position bakal memperlancar misinya mengamankan puncak klasemen. Saat ini Marquez memimpin klasemen sementara dengan torehan 115 poin. Sebelumnya, ia sudah merebut kemenangan di tiga sirkuit yakni GP Amerika Serikat, GP Spanyol dan GP Perancis. Sementara pada balapan terakhir di GP Italia, ia finis di peringkat dua.

“Itu [balapan yang] sulit. Saya merasa memiliki ritme yang baik bahkan jika ini bukan sirkuit terkuat saya. Tapi aku mulai dari posisi pole besok [Minggu],” kata Marquez seperti dilansir indiatimes.com.

Menempati tempat ketiga, Valentino Rossi merasa senang karena akan berada di barisan depan di Assen. “Saya sangat senang. Terutama setelah saya keluar dari jalur di sesi latihan kedua, tetapi saya berhasil menemukan set-up yang tepat untuk dapat mencatatkan waktu yang tepat dan mulai dari barisan depan,” papar Rossi.