Moto GP 2018: Ketat Sampai Akhir, Marquez Juarai GP Assen

Marc Marquez (Reuters/Marcos Brindicci)
01 Juli 2018 20:00 WIB Ginanjar Saputra Sport Share :

Solopos.com, ASSEN -- Marc Marquez mampu menjadi juara dalam ajang Moto GP seri ke-8 yang dilangsungkan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (1/7/2018) malam WIB. Pada seri tersebut, balapan berlangsung ketat dari awal sampai akhir dengan aksi saling menyalip untuk memperebutkan posisi pertama. Duo Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, ikut dalam perebutan posisi tiga besar hingga balapan.

Di awal balapan, Jorge Lorenzo yang start dari posisi ke-10 langsung melesat ke posisi ke-5 saat berhasil menaylip lawan-lawannya di tikungan pertama. Bukan hanya itu, meski lap pertama belum usai, Lorenzo sudah mampu mengudeta Marc Marquez di posisi pertama.

Sementara itu, Valentino Rossi yang sempat melrot dari posisi ke-3 ke posisi ke-5 mampu kembali lagi ke posisi ke-3 di lap kedua. Di sisi lain, Jorge Lorenzo mampu semakin menjauh dari Marc Marques yang berada di posisi ke-2.

Rekan setim Valentino Rossi, Maverick Vinalles, yang start dari posisi ke-6 melorot di posisi ke-8 saat baru masuk putaran ke-2. Sedangkan rekan setim Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, masih bertahan di posisi ke-4 seperti pada posisi start.

Balapan semakin seru saat masuk putaran ke-4 dimana Rossi berhasil menikung Marc Marquez di posisi ke-2. Tak berhenti sampai di situ, Valentino Rossi semakin beringas dengan terus-menerus memepet Jorge Lorenzo yang berada di posisi pertama.

Valentino Rossi yang terus-menerus berusaha mengejar Jorge Lorezo justru kecolongan saat balapan memasuki putaran ke-6. Di tikungan pertama dan kedua putaran ke-6, Valentino Rossi harus turun di posisi ke-4 setelah disalip Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Valentino Rossi semakin terpuruk saat balapan memaski putaran ketujuh dimana dirinya disalip Alex Rins dan harus turun di posisi ke-5. Moto GP seri ke-8 musim 2018 semakin panas saat Alex Rins dan Andrea Dovizioso saling salip-menyalip demi berada di posisi ke-3.

Marc Marquez yang berada di posisi ke-2 harus rela turun di posisi ke-4 setelah hampir terjatuh saat disalip Alex Rins pada putaran ke-10 di tikungan kelima. Hingga putaran ke-11, balapan semakin ketat lantaran para pembalap di posisi 10 besar saling menyalip, kecuali Jorge Lorenzo yang masih mampu melenggang di posisi pertama.

Baru pada putaran ke-14, Jorge Lorenzo harus merelakan posisi pertamanya setelah disalip rekan setimnya di Ducati, Andrea Dovizioso. Bukan hanya itu, Jorge Lorenzo secara bertahap turun di posisi ke-6.

Maverick Vinales yang sebelumnya adem di atas posisi ke-5 secara mengejutkan mampu melesat di posisi ke-2 pada lap ke-18. Tak berhenti sampai di situ, Maverick Vinales mampu mengudeta Andrea Dovizioso di posisi pertama sat balapan memasuki putaran ke-19.

Salip menyalip di antara pembalap yang berada di posisi empat besar terjadi kala balapan tersisa enam putaran. Maverick Vinales dan Marc Marques bersaing ketat memburu posisi pertama. Sedangkan Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi di belakang mereka juga berusaha merebut posisi pertama. Meski demikian, Maverick Vinales tak mampu membendung tekanan Marquez dan harus rela menyerahkan posisinya kepada Si Bayi Alien.

Drama kembali terjadi saat balapan memasuki putaran ke-24. Valentino Rossi yang ingin menyalip Andrea Dovisiozo justru melebar dan turun di posisi ke-5.

Meski berlangsung ketat sampai akhir balapan, Marc Marquez mampu mempertahankan posisi pertama yang sebenarnya merupakan posisi miliknya saat start. Sedangkan Valentino Rossi yang berusaha keras meraih podium pertama harus terpuruk di posisi ke-5. Posisi ke-2 diraih Alex Rins yang mampu melesat dari posisi ke-4 pada detik-detik akhir, sedangkan posisi ke-3 dan ke-4 ditempati Maverix Vinales dan Andrea Dovisiozo.

Berikut daftar pembalap yang mampu menempati posisi 10 besar pada Moto GP seri ke-8 di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (1/7/2018) malam WIB:
1. M. Marquez (93)
2. Alex Rins (42)
3. Maverick Vinales (25)
4. Andrea Dovizioso (4)
5. Valentino Rossi (46)
6. C. Crutchlow (35)
7. J. Lorenzo (99)
8. J. Zarco (5)
9. A. Bautista (19)
10. J. Miller (43)

Tokopedia