Moto GP 2018: Ayo Pertahankan Performa, Alex Rins!

Alex Rins (Reuters/Yves Herman)
09 Juli 2018 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, HAMAMATSU – Bos Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, puas dengan performa pembalapnya Alex Rins saat tampil di Moto GP Belanda 2018, pekan lalu. Brivio pun berharap Rins mampu mempertahankan performa apik tersebut.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Assen, Rins mampu finis di posisi kedua di belakang Marc Marquez yang menjadi juara. Padahal, Rins mengawali lomba bukan dari posisi terdepan. Dia berjuang keras hingga akhirnya merangsek ke barisan depan dan naik podium.

Itu menjadi podium kedua Rins sejauh Moto GP 2018 ini. Maklum, Rins memang lebih banyak bersaing di posisi tengah dan belakang saat balapan. Hal itu membuat ia hanya duduk di posisi ke-11 klasemen sementara dengan 53 poin. Dia tertinggal jauh dari Marquez yang sudah punya 140 poin di posisi pertama klasemen pembalap.

Kendati demikian, Brivio menganggap Rins telah menunjukkan talenta luar biasa. Pada balapan di Belanda, Rins bersaing dengan nama-nama tenar sekelas Marquez, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, hingga Maverick Vinales. Pembalap 22 tahun itu pun tetap pada performa apik hingga bisa finis kedua. Sementara pembalap top lainnya justru menurun dan gagal podium.

Brivio pun berharap Rins bisa mempertahankan performa itu dan melupakan hasil-hasil jelek sebelumnya. Dengan mempertahankan performa itu, Rins bisa saja merangsek ke papan atas klasemen. Apalagi, dia juga masih kalah dengan rekan setimnya di Suzuki, Andrea Iannone, yang kini duduk di posisi kesembilan klasemen dengan 71 poin.

“Assen adalah sirkuit yang sulit dan banyak membuat pembalap melakukan kesalahan. Akan tetapi, dia (Rins) sangat baik untuk seluruh balapan. Ini adalah Alex (Rins) yang kami harapkan di setiap hari Minggu!” kata Brivio seperti dikutip dari Suzuki Racing, Senin (9/7/2018).