Wimbledon 2018: Kiki Bertens, Si Pembunuh Raksasa

Kiki Bertens (Reuters/Peter Nicholls)
10 Juli 2018 08:15 WIB Hanifah Kusumastuti Sport Share :

Solopos.com, LONDON — Julukan Pembunuh Raksasa mulai disematkan kepada Kiki Bertens di Wimbledon 2018. Petenis Belanda ini kembali menjungkalkan unggulan dengan menundukkan Karolina Pliskova untuk memastikan tiket ke perempatfinal.

Pliskova, yang notabene unggulan  ketujuh, dipermalukan Bertens 6-7(1), 3-6 dalam duel di babak 16 besar, di London, Senin (9/7/2018) petang WIB. Kemenangan itu meneruskan kejutan yang diukir Bertens di grand slam lapangan rumput kali ini.

Sebelumnya, Bertens mengemas rekor sebagai petenis Belanda pertama yang mampu lolos ke babak 16 besar Wimbledon sejak Michaella Krajicek (adik mantan juara Wimbledon, Richard), melakukannya pada 2007 silam. Hal itu diraihnya setelah menundukkan petenis unggulan Venus Williams di babak ketiga. Tersingkirnya Pliskova otomatis membuat membuat petenis ranking 10 besar dunia sudah tidak tersisa di tunggal putri Wimbledon ini.

Saat melawan Pliskova, Bertens menunjukkan penampilan gemilang dengan membukukan pukulan voli untuk memimpin 5-3 pada set pertama. Dia pun menuntaskan set pembuka dengan skor 6-3. Di set kedua, Bertens bahkan sempat unggul jauh 4-1. Namun, Pliskova bangkit untuk memaksa tie break.

Di tie break, Bertens tidak mau kembali kecolongan. Dia menyegel kemenangannya dengan pukulan forehand yang tidak bisa dikembalikan Pliskova. Di babak perempat final, ia akan bertemu pemenang Juli Georges melawan Donna Vekic.

Sementara itu, unggulan ke-12 Jelena Ostapenko, bangkit setelah tertinggal 2-5 di set pertama untuk menundukkan Aliaksandra Sasnovich 7-6(4), 6-0 untuk lolos ke perempat final. Mantan juara grand slam French Open tersebut memulai pertandingan dengan buruk, karena sulit mengembalikan pukulan lob lawannya. Tapi mental juara Ostapenko membuatnya kuat dalam kondisi tertekan.

Setelah mendapat peringatan dari pelatihnya, Ostapenko mulai membalikkan keadaan. Di perempat final nanti, petenis berusia 21 tahun ini akan berjumpa Dominika Cibulkova yang menyingkirkan Su-Wei Hsieh dari Taiwan di babak 16 besar.

Di tunggal putra, Roger Federer masih mengamankan asa untuk meraih titel grand slam Wimbledon kali kesembilan dalam kariernya. Seperti dilansir Reuters, Senin, maestro tenis asal Swiss tersebut menundukkan Adrian Mannarino dari Prancis dengan skor 6-0, 7-5, 6-4, Senin malam WIB.

Federer terlalu perkasa bagi lawannya di set pembuka. Petenis berusia 36 tahun itu baru mendapatkan tantangan berarti di dua set terakhir. Mannarino pun menjadi satu-satunya pemain yang bisa mendapatkan break point melawan Federer di Wimbledon tahun ini. Tapi, Federer tak membiarkan petenis Prancis itu mendiktenya dan menyudahi duel ini dengan straight set.Di babak selanjutnya, Federer akan bertemu pemenang Gael Monfils versus Kevin Anderson.