Moto GP 2018: Asapi Duo Yamaha, Marquez Juara GP Jerman

Marc Marquez (Twitter)
15 Juli 2018 19:48 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, HOHENSTEIN-ERNSTTHAL - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi juara di Moto GP Jerman 2018. Marquez mengungguli dua pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7/2018) malam WIB, Jorge Lorenzo yang start dari posisi ketiga langsung menyodok ke posisi terdepan. Sementara Marc Marquez yang meraih pole position harus puas di posisi ketiga di belakang Danilo Petrucci.

Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi keenam bisa menempatkan diri di posisi keempat. Posisi ini terus bertahan hingga melahap tiga putaran. Setelah itu, Marquez bisa menyalip Petrucci untuk menduduki posisi kedua saat melewati tikungan.

Pada putaran ketujuh, Lorenzo masih mempertahankan posisinya. Diabahkan mencoba menjauh dari kejaran Marquez yang berada di posisi kedua. Jarak Lorenzo dengan Marquez pun melebar menjadi 0,4 detik. Tak berselang lama, Rossi mampu menyalip Petrucci untuk menduduki posisi ketiga. Namun jarak Rossi dengan Lorenzo sudah cukup jauh yakni 1,1 detik.

Memasuki putaran ke-10, Marquez mampu memangkas jarak dengan Lorenzo menjadi 0,2 detik. Persaingan juara pun seperti menjadi milik Lorenzo dan Marquez mengingat keduanya semakin menjauh dari kejaran Rossi di posisi ketiga.

Dua lap berselang, Lorenzo disalip Marquez. Tak lama berselang pembalap Ducati itu melebar dan membat Rossi mendahuluinya untuk menduduki posisi kedua. Ketiga pembalap itu pun bersaing ketat. Namun, mereka tetap terancam oleh para pembalap di belakangnya yakni Petrucci, Dovizioso, Bautista, dan Vinales.

Saat balapan menyisakan 10 putaran lagi, Marquez semakin menjauh dari kejaran para rival. Sementara Rossi dan Lorenzo masih ketat memperebutkan posisi kedua. Jarak Rossi dengan Marquez bahkan mencapai 1,2 detik. Ketiga pembalap ini pun menjauhi para pembalap di belakangnya dengan jarak hampir dua detik.

Pada putaran-putaran akhir, Lorenzo justru menurun. Dia berturt-turut disalip oleh Petrucci, Vinales, dan Bautista. Lorenzo pun harus puas berada di posisi keenam. Vinales kemudian bisa melewati Petrucci dan menduduki posisi ketiga.

Hingga akhirnya, Marquez menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis. Berada di belakangnya duo Yamaha, Rossi dan Vinales. Melengkapi lima besar ada Petrucci serta Bautista.