Samantha Edithso Bocah 10 Tahun Indonesia Juara Catur Dunia

Samantha Edithso. (Pbpercasi.com)
18 Juli 2018 18:40 WIB Ginanjar Saputra Sport Share :

Solopos.com, SOLO — Belakangan hari ini, publik di Indonesia cukup ramai membicarakan nama Lalu Muhammad Zohri, sang juara lari di ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Namun selain di ajang atletik, nama bangsa Indonesia juga diharumkan di kancah catur tingkat Internasional.

Orang yang mengharumkan nama Bangsa Indonesia di dunia catur itu adalah seorang bocah bernama Samantha Edithso yang masih berusia 10 tahun. Samantha mampu menjadi juara di kejuaraan catur tingkat internasional, FIDE World Championship 2018 U-10, yang digelar di Minsk, Belarusia, 21 Juni sampai 25 Juni 2018 lalu.

Video detik-detik saat Samantha menaiki podium untuk menerima gelar juara di ajang tersebut pun viral di media sosial. Tak pelak viralnya video tersebut memicu pujian dari warganet kepada Samantha Edithso.

Video detik-detik Samantaha menaiki podium itu diketahui kali pertama diunggah di saluran Youtube Larry Edith, 25 Juni 2018 lalu. Video tersebut kemudian mengundang pujian dari warganet yang turut bangga atas prestasi yang diraih bocah 10 tahun tersebut. "Luar biasa. Kami bangga kepadamu, Samantha," ungkap Fera Dyan.

"Bangga lihat Samantha yang bangga pakai bendera Indonesia," tulis Gilang Stark.

Pujian kepada Samantaha itu memang sudah selayaknya diberikan. Pasalnya, selain menjadi juara, Samantha juga menorehkan rekam jejak yang luar biasa di FIDE World Championship 2018 U-10.

Dari sembilan partai yang dilakoni, Samantha Edithso mampu menang delapan kali dan hanya sekali meraih hasil remis sehingga mengumumpulkan 8,5 poin. Satu-satunya hasil remis atau imbang didapatnya ketika melawan Pecatur Uzbekistan, Afruza Khamdamova di babak ketiga. Lawan berat Samantha itu adalah pecatur bergelar WCM dan merupakan juara FIDE World School Chess Championship 2017.

Siapa Samantha Edithso?

Nama Samantha Edithso mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang. Dikutip dari Liputan6.com, Rabu (18/7/2018), Samantha merupakan bocah asal Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Sebelum menjuarai FIDE World Championship 2018 U-10, Samantha nyatanya juga telah banyak mengantongi prestasi. Gadis berwajah imut itu telah menjuarai Kejuaraan Catur Antar-Pelajar Asia ke-13 di kota Panjin, Provinsi Liaoning, Tiongkok, pada Agustus 2017 silam.

Di kejuaraan tersebut, bocah yang akrab disapa Tata itu menaklukkan pecatur tangguh berusia 16 tahun asal Filipina, Doroy Allaney Jia. Bukan hanya itu, Tata juga mampu meraih gelar Woman FIDE Master (WFM) dari catur klasik di ajang tersebut.

Pada Kejuaraan Catur Antar-Pelajar Asia ke-13 di Tiongkok itu, Samantha Edithso mengumpulkan delapan poin dari sembilan babak. Bocah asal Bandung tersebut bahkan tak pernah kalah sepanjang ajang tersebut. Luar biasa bukan?