Formula 1 2018: Ricciardo Bisa Mengancam di Hungaria

Daniel Ricciardo (Reuters/Aly Song)
29 Juli 2018 16:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, MOGYOROD — Ajang balapan GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring akhir pekan ini diyakini akan menjadi ladang pelampiasan Sebastian Vettel. Pembalap Ferrari  itu memang mengalami nasib sial di seri sebelumnya, GP Jerman, lantaran melintir saat memimpin perlombaan. Gelar juara akhirnya dicuri sang rival berat, Lewis Hamilton.

Vettel pun kehilangan posisi singgasananya di klasemen Formula 1. Vettel jelas tak ingin melepas podium juara untuk kedua kali beruntun di Hungaroring. Vettel mencetak hasil lumayan di free practice I setelah menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 1 menit 17,692 detik.

Dia hanya kalah cepat 0,079 detik dari pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, yang menjadi pembalap terbaik di sesi itu. Adapun Hamilton harus puas di posisi kelima setelah mencetak waktu 0,423 detik lebih lambat dibanding Ricciardo.

Jika mampu mempertahankan performanya hingga kualifikasi, peluang Vettel untuk menjuarai GP Hungaria seperti musim lalu terbuka lebar. Namun Vettel agaknya perlu mewaspadai Ricciardo yang berambisi memperbaiki peruntungannya di Hungaroring. Hasil FP 1 menunjukkan kemampuan Ricciardo melahap sirkuit meski masih memakai power unit Renault yang lama (spek A).

Hal ini dilakukan setelah power unit terbaru Ricciardo (spek B) terbukti gagal di Hockenheim. Adapun power unit spek C masih dalam pengembangan Renault. Bos Renault, Cyril Abiteboul, mengakui power unit yang dipakai Ricciardo sekarang kurang ideal. Namun pihaknya harus menunggu pengembangan spek C selesai untuk mengangkat performa mobil secara keseluruhan.

“Ini [memakai spek A] masih bisa berjalan, kami akan melakukan yang terbaik agar Red Bull mampu menang, mungkin juga meraih pole position,” ujarnya dilansir Autosport.