Hamilton Mantap Puncaki Klasemen Formula 1 2018

Lewis Hamilton (Reuters/Brandon Malone)
31 Juli 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, MOGYOROD — Kemenangan di GP Hungaria memantapkan posisi Lewis Hamilton di puncak klasemen sementara Formula 1 (F1) 2018. Pembalap Mercedes itu kini unggul 24 poin dari rival terdekatnya, Sebastian Vettel, yang harus puas finis sebagai runner up.

Setelah adu cepat di Sirkuit Hungaroring akhir pekan lalu, para pembalap F1 bakal menjalani libur musim panas hampir satu bulan. Persaingan akan kembali digeber dalam GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, 26 Agustus 2018. Jika melihat hasil balapan beberapa tahun terakhir, Spa-Francorchamps adalah sirkuit milik Mercedes. Tiga tahun terakhir pabrikan yang bermarkas di Brackley, Inggris, itu meraih podium pertama di GP Belgia. Dua di antaranya disabet Hamilton pada tahun 2015 dan 2017.

Jika melihat konstelasi ini, kegagalan mereguk poin penuh di Hungaroring jelas amat disesali Vettel. Untuk kali kedua dalam jarak waktu hanya sepekan Vettel gagal memenangi lomba yang seharusnya menjadi jatah Ferrari (GP Jerman dan GP Hungaria). Pembalap Jerman ini harus bekerja ekstra keras mengejar ketertinggalan di sembilan seri yang tersisa.

Hamilton sendiri amat gembira dengan kemenangannya di Hungaroring. Ini merupakan kemenangan keenam Hamilton di Hungaria dan yang ke-67 dalam kariernya. Sebelumnya dia menang di Hungaroring pada 2007, 2009, 2012, 2013, dan 2016. “Saya benar-benar cuma bisa bermimpi bahwa kami akan berada di posisi sekarang ini. Saya sangat gembira, memasuki libur kompetisi, terutama dengan dua kemenangan beruntun,” ujar Hamilton seperti dilansir Reuters, Minggu (29/7/2018).

Sementara itu, Vettel enggak menyalahkan Valtteri Bottas atas insiden di Hungaroring. Kedua pembalap sempat bersenggolan di tikungan saat Vettel berupaya menyalip Bottas di lima lap jelang garis finis. Beruntung Vettel masih bisa melanjutkan balapan. “Saya pikir dia kehilangan cengkeraman ban. Ketika Anda sangat dekat, sangat sulit untuk menghentikan mobil,” ucapnya.