Ricciardo Mendadak Hijrah ke Renault, Ini Alasannya

Daniel Ricciardo (Reuters/Wofgang Rattav)
05 Agustus 2018 17:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, ESSONNEDaniel Ricciardo secara mengejutkan akan meninggalkan Red Bull Racing di akhir musim Formula 1 (F1) 2018. Pembalap Australia itu bakal menjadi pembalap Renault dengan kontrak selama dua tahun. Dengan kesepakatan tersebut, Carlos Sainz bakal terdepak dari tim asal Prancis itu musim depan.

Red Bull telah mengumumkan secara resmi perpindahan Ricciardo ke Renault, Jumat (3/8/2018). Driver dengan torehan tujuh gelar juara seri itu bakal berduet dengan Nico Hulkenberg. Team Principal Red Bull, Christian Horner, mengatakan perpindahan tersebut murni keinginan Ricciardo. Pihaknya menghormati keputusan sang pembalap.

“Kami berterima kasih atas dedikasinya sejak bergabung dengan tim pada 2014. Kami tentu tak akan melupakan tujuh kemenangan dan 29 podium yang dia raih bersama kami,” ujar Horner dilansir Motorsport, Jumat.

Ricciardo mengaku tak mudah memutuskan hijrah dari Red Bull, tim yang membesarkan namanya di jagat F1. Namun dia merasa inilah saat yang tepat untuk meraih tantangan baru bersama Renault. Ricciardo melihat tim barunya itu punya ambisi besar untuk bersaing di papan atas. Hal tersebut sudah mulai terlihat musim ini di mana Hulkenberg mulai bisa mengimbangi kecepatan Red Bull.

“Saya terkesan dengan perkembangan mereka dua tahun terakhir. Saya harap bisa membantu mereka,” ujar Ricciardo. Red Bull sendiri belum memutuskan siapa pengganti Ricciardo di balapan musim 2019. “Kami akan mengevaluasi beberapa opsi yang ada sebelum menentukan pendamping Max Verstappen,” ujar Horner.

Tokopedia