Formula 1 2018: Pilih Red Bull atau McLaren, Sainz?

Carlos Sainz Jr (Reuters/Bernadett Szabo)
06 Agustus 2018 17:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, WOKING — Ajang balapan Formula 1 (F1) 2018 memang masih berada di pertengahan musim. Namun kabar perpindahan pembalap mulai santer di antara pabrikan-pabrikan F1. Setelah Daniel Ricciardo memutuskan hijrah ke Renault musim depan, giliran Carlos Sainz yang berprospek menjadi driver McLaren.

Sainz menjadi kandidat kuat pembalap yang dibidik tim asal Woking, Inggris, itu untuk musim 2019. Selain dirumorkan ke McLaren, pemnbalap Toro Rosso itu santer disebut bakal menjadi pengganti Ricciardo di Red Bull. Posisi yang ditinggalkan Ricciardo diyakini memang sedang diperebutkan Sainz dan Pierre Gasly.

Tokopedia

Namun Sainz bisa saja berlabuh ke McLaren lantaran bos pabrikan tersebut, Zak Brown, sangat berminat padanya. “Jelas, Carlos berpotensi masuk ke bursa pembalap [McLaren],” ujar Brown seperti dilansir Motorsport, Minggu (5/8/2018).

McLaren memang tengah gencar mencari driver anyar untuk menggantikan Alonso yang diyakini akan pensiun di akhir musim. Sainz digadang-gadang menjadi duet muda berbahaya bersama Stoffel Vandoorne. Namun McLaren sudah memiliki opsi jika Sainz memilih bertahan di Toro Rosso atau hijrah ke tim lain. Pembalap junior mereka yang kini berlaga di Formula 2, Lando Norris, bakal dipromosikan untuk mendampingi Vandoorne.

“Kami punya kesepakatan jangka panjang dengan Stoffel dan Fernando. Namun ada berbagai elemen di dalam setiap kontrak. Kami akan mengambil keputusan soal susunan pembalap ketika kami siap. Kira-kira beberapa hari setelah jeda musim panas usai,” ucap Brown.

Sejauh ini Sainz nangkring di peringkat 11 klasemen dengan torehan 30 poin. Prestasi terbaiknya musim ini adalah peringkat kelima di GP Azerbaijan.