Pelindo III Gelar Turnamen Catur Nasional

Turnamen Catur Cepat Pelindo III (Istimewa/Pelindo)
11 Agustus 2018 03:00 WIB Chelin Indra Sushmita Sport Share :

Solopos.com, SURABAYA PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III berniat menggelar kompetisi catur tingkat nasional. Acara yang sedianya di gelar di Graha Varuna Convex, Surabaya, 14-15 Agustus 2018 itu bertujuan untuk mendorong generasi muda Indonesia terutama pelajar untuk mencintai dan belajar strategi melalui permainan catur.

“Dengan kegiatan ini tentunya generasi muda dapat menyalurkan talenta yang dimiliki sehingga diharapkan menjaring bibit-bibit pecatur baru yang potensial dan bisa bersaing di laga internasional,” ujar CEO Pelindo III, Ari Askhara, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (10/8/2018).

Ari Askhara menambahkan olahraga catur mengajarkan cara menyerang, mengatur strategi, memprediksi langkah lawan, serta berani berspekulasi yang diperhitungkan. Selain itu, permainan catur juga mengajarkan untuk mengetahui strategi yang digunakan lawan dalam setiap permainan, sehingga membuat mereka memiliki referensi, dan cara-cara mematikan pergerakan lawan.

“Tapi, dalam catur ada kejujuran dan fair play, untuk bisa memenangkan permainan, dan tetap harus mengikuti peraturan yang ada,” terangnya.

Turnamen catur yang bertajuk Pelindo III Cup ini, disponsori oleh Pelindo III dan BJTI Port yang berkolaborasi dengan Percasi Kota Surabaya. Panitia acara tersebut rencananya bakal mengundang beberapa tokoh catur nasional untuk membuka turnamen yang berhadiah total Rp70 juta.

"Ini langkah awal Pelindo III dan BJTI Port, untuk memajukan cabang olah raga catur, sehingga tidak menutup kemungkinan bila sukses, turnamen ini dapat menjadi agenda rutin Percasi Surabaya. Dengan diselenggarakannya event seperti ini bisa membina atlet muda untuk dapat mengasah kemampuan serta menambah jam terbang dan pengalaman menghadapi pecatur muda dari daerah lain," tutur Direktur Utama BJTI Port, Hot Rudolf Marihot.

Hot Rudolf berharap, turnamen catur itu bisa menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahun. Menurutnya, banyak filosofi yang bisa diambil dari permainan catur. Menurutnya, catur merupakan olahraga yang bukan sekadar mengeluarkan energi fisik, tapi juga otak.

Lebih lanjut, Hot Rudolf Marihot, mengatakan, turnamen itu bakal menggunakan sistem Swiss Manager tujuh babak dengan pembagian peserta menjadi tiga kategori, yaitu senior, pelajar SD kelas I-III, danpelajar SD kelas IV-VI. Adapun biaya pendaftaran untuk senior sebesar Rp30.000 dan junior Rp20.000. Sementara peserta junior domisili Surabaya tidak dikenai biaya pendaftaran alias gratis.

Turnamen ini bakal memilih 20 juara yang diberi hadiah berbeda. Bagi yang berminat bisa menghubungi panitia, yakni Hesnud Daulah di nomor 0878 5336 1842 (kategori junior SD), Agung Shobirin 0812 3314 8393 (kategori senior), dan Imam Buchori 0813 3337 4449 (khusus junior SD Surabaya).