Ini Faktor-Faktor yang Mendukung Kesuksesan Marquez di Moto GP

Marc Marquez (Reuters/Jon Nazca)
16 Agustus 2018 19:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopso.com, AALSTMarc Marquez langsung melejit di ajang Moto GP sejak naik kelas pada 2013 lalu. Marquez dianggap memiliki faktor pendukung yang mumpuni untuk meraih kesuksesan, tak hanya dari bakatnya saja.

Hal itu diungkapkan oleh Manajer Teknis Repsol Honda, Takeo Yokoyama. Dia memang mengakui bakat membalap Marquez. Namun Yokoyama menegaskan bakat Marquez tak cukup untuk meraih kesuksesan. Ada faktor-faktor lain yang berpengaruh dalam penampilan di Moto GP.

Marquez memulai debut di Moto GP 2013 dengan bergabung bersama Repsol Honda. Di musim debut-nya itu, Marquez langsung menjadi juara dunia. Hingga kini, Marquez telah mencatatkan empat gelar juara dunia.

Yokoyama lantas mengungkap faktor-faktor keberhasilan Marquez di Moto GP selain bakat. Motor kompetitif serta tim yang solid juga memiliki peran besar atas keberhasilan Marquez di Moto GP. Faktor-faktor itu pun masih dimiliki Marquez hingga kini sehingga pembalap asal Spanyol itu pun belum akan berhenti meraih prestasi.

“Keberhasilan Marquez memang diraih berkat kemampuannya. Tapi, saya rasa kondisinya tidak sepenuhnya seperti itu. Sebab, dalam balap motor, paket keseluruhan selalu penting,” ujar Yokoyama seperti dilansir Speedweek, Kamis (16/8/2018).

“Tentu saja, kami membutuhkan pembalap yang baik dan motor yang bagus, tetapi juga harus ada tim yang bagus. Ketika Marc [Marquez] memenangkan gelar dalam beberapa tahun terakhir, ini membuktikan bahwa seluruhnya berjalan dengan baik. Itulah sebabnya dia menang, bukan hanya faktor dari pembalap,” sambungnya.

Tokopedia