3 Negara Ini Ganti Bendera di Pembukaan Asian Games 2018

Maskot Asian Games 2018 (Asiangames2018.id)
18 Agustus 2018 18:00 WIB Adib Muttaqin Asfar Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Ada yang unik dari peserta Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang yang dibuka hari ini, Sabtu (18/8/2018). Tiga negara peserta mengganti bendera mereka untuk seremoni pembukaan di Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini.

Ketiga negara itu adalah Kuwait, Korea Utara, dan Korea Selatan. Penggantian menjelang pembukaan Asian Games 2018 itu dilakukan dengan berbagai alasan berbeda.

"Kuwait akan menggunakan bendera mereka sendiri sebagai ganti bendera Dewan Olimpiade Asia seperti rencana awal. Sebaliknya, Korea Utara dan Korea Selatan akan menggunakan bendera yang sama. Mereka akan bergabung dalam satu bendera Korea," kata Direktur Media dan Humas The Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Danny Buldansyah, Jumat (17/8/2018), dilansir laman asiangames2018.id.

Menurutnya, bendera yang dipakai atlet Korea Utara dan Selatan adalah bendera biru dengan gambar Semenanjung Korea. "Namun, ada tiga bendera yang berbeda di Wisma Atlet Asian Games untuk dua negara itu, yaitu bendera Korea Selatan, bendera Korea Utara, dan bendera Korea," katanya.

Sementara itu, Kuwait awalnya dilarang menggunakan bendera mereka sendiri. Pada Kamis (16/8/2018), International Olympic Committee (IOC) mencabut sanksi atas negara itu karena mencampuri regulasi olah raga pada Oktober 2015.

Karena sanksi itu, atlet-atlet Kuwait berlaga di turnamen internasional di bawah bendera IOC, termasuk dalam Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Buldansyah mengatakan pembukaan Asian Games 2018 akan diwarnai konser yang menggambarkan keberagaman budaya dan alam Indonesia. Hal ini tercermin dalam slogan Energi of Asia.

Sumber : asiangames2018.id