Lawan Mundur, Persika Karanganyar Jr. Melaju Babak 12 Besar Piala Soeratin Tanpa Keringat

Stadion Manahan Solo. (Solopos/Hanifah Kusumastuti)
19 Agustus 2018 22:13 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, KARANGANYAR — Persika Karanganyar Junior (Jr.) mendapat tiket ke babak 12 besar Piala Soeratin U-17 Zona Jateng secara cuma-cuma.

Ini setelah PSISa Salatiga Jr. yang sedianya dihadapi tim berjuluk Singa Lawu ini di laga tunda di Stadion 45 Karanganyar, Minggu (19/8/2018), memilih mundur sebelum bertanding.

Batal bertanding membuat posisi Persika Karanganyar Jr. tidak tergoyahkan di peringkat dua klasemen sementara Grup 5.

Persika Karanganyar Jr. berpeluang mendapat kemenangan walk over (WO) dengan skor 3-0 karena tim yang mereka hadapi tidak datang ke stadion.

“Tim PSISa Salatiga Jr. tidak datang sehingga kami tidak jadi bertanding. Mereka mundur alasannya karena faktor finansial. Mereka tidak sanggup membayar denda kepada Komdis PSSI Jateng,” jelas Asisten Pelatih Persika Karanganyar Jr. Syaiful Bachri kepada solopos.com, Minggu petang.

Manajemen Persika Karanganyar Jr. sebetulnya sudah mendapat surat resmi dari Asprov PSSI Jateng terkait mundurnya PSISa Salatiga dari kompetisi Piala Soeratin U-17. Perangkat pertandingan sendiri tidak hadir di stadion karena sudah mendapat pemberitahuan dari Asprov PSSI Jateng. Namun, skuat Persika Karanganyar Jr. tetap disiagakan di stadion untuk menunjukkan bahwa mereka siap bertanding.

Sebelumnya, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Jateng menjatuhkan sanksi denda total senilai Rp8,5 juta kepada PSISa Salatiga Jr. Sanksi denda itu dijatuhkan karena kubu PSISa Salatiga Jr. dianggap menyalahi ketentuan jersey tim yang mengakibatkan dibatalkannya laga menghadapi Persika Karanganyar Jr. pada Minggu (5/8/2018) lalu. 

Kala itu, kiper PSISa Salatiga mengenakan jersey dengan warna identik dengan yang dikenakan pemain mereka. Komdis PSSI Jateng akhirnya menjadwalkan laga tunda pada Minggu kemarin, namun kubu PSISa Salatiga memilih mundur sebelum bertanding.

Sementara itu, PSIK Klaten Jr. menjadi tim ketiga asal Soloraya yang lolos ke babak 12 besar setelah Persis Solo Jr. dan Persika Karanganyar Jr.

Menghadapi PSISra Sragen Jr. di laga terakhir babak penyisihan Grup 4 di Stadion Taruna Sragen, PSIK Klaten Jr. menang dengan skor 2-1. PSIK Klaten berstatus runner up Grup 4 yang mendampingi Persis Solo Jr. melaju ke babak 12 besar.

“Alhamdulillah, PSIK Klaten Jr. sudah lolos ke babak 12 besar. Kami tergabung di Grup 8 bersama Persipa Pati Jr. dan Persibara Banjarnegara Jr.,” ujar Manajer PSIK Klaten Teguh Wibowo Slamet.

 

Tokopedia