Hari Ini, 29 Keping Emas Diperebutkan di Asian Games

Pesepak bola Indonesia Jaya Irfan (kanan) selebrasi setelah memasukkan bola ke tim Palestina pada babak penyisihan sepak bola Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi, Selasa (15/8 - 2018). (Antara/Hery Sudewo)
20 Agustus 2018 09:30 WIB Newswire Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA – Pertandingan Asian Games 2018 masih terus berlanjut pada hari kedua, Senin (20/8/2018). Sebanyak 29 keping emas diperebutkan di nomor-nomor final 10 cabang olahraga.

Sebaran medali emas Asian Games itu meliputi renang tujuh emas, gulat (5), menembak (4), taekwondo (3), balap sepeda gunung (2), anggar (2), wushu (2), angkat besi (2), berkuda (1), dan senam (1).

Kontingen China yang meraih tujuh medali emas sehari sebelumnya dan sementara memimpin di puncak klasemen diperkirakan masih akan meneruskan dominasinya untuk mempertahankan gelar juara umum.

Cabang olahraga renang Asian Games yang menyediakan tujuh medali emas tetap menjadi lumbung pengumpulan medali dari kontingen tim Negeri Tirai Bambu, selain beberapa cabang olahraga lain seperti wushu, senam, atletik, menembak, dan anggar.

Kontingen Jepang dan Korea Selatan tetap menjadi pesaing kuat China dalam perburuan medali emas.

Jepang masih bertumpu pada atlet-atletnya yang berlaga di kolam renang, sementara Korea Selatan diunggulkan di cabang olahraga anggar dan taekwondo yang mulai mempertandingkan nomor tarung (kyorugi).

Bagaimana dengan tuan rumah Indonesia? Kesempatan menambah medali emas cukup terbuka dari cabang olahraga balap sepeda gunung yang melombakan nomor "downhill" putra-putri, wushu dan angkat besi.

Pada balap sepeda yang berlangsung di Khe Bun Hill, Subang, Jawa Barat,, tuan rumah Indonesia menurunkan dua pebalap putra Khoiful Mukhib dan Popo Ariyo Sejati, serta dua pembalap putri Nining Porwaningsih dan Tiara Andini Prastika.

Popo Ario Sejati dan Khoiful Muhkib adalah juara nasional donwhill 2018, sedangkan Nining Purwaningsih dan Tiara Andini Prastika pernah naik podium kedua dan ketiga Kejuaraan MTB Asia 2017 di Xuanchen, China.

Dari cabang olahraga angkat besi yang memulai perlombaan hari ini dengan dua nomor final kelas 48 kilogram putri dan 56 kilogram putra, Indonesia mengandalkan lifter Sri Wahyuni Agustiani yang pernah meraih medali perak Olimpiade 2016 Rio De Jainero.

Tokopedia

Sumber : Antara