4 Pebasket Jepang Dipulangkan Gara-Gara Jajan Seks di Kawasan Blok M

Anggota tim basket Jepang (Channel News Asia)
20 Agustus 2018 18:40 WIB Chelin Indra Sushmita Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA – Empat pebasket asal Jepang dipulangkan dari pesta olahraga se-Asian Games 2018 akibat tertangkap tangan melakukan tindakan asusila. Komite Olimpiade Jepang (JOC) memulangkan empat atlet pria tersebut sekaligus mencopot keanggotaan mereka dari tim nasional (timnas).

Dikutip dari Channel News Asia, Senin (20/8/2018), keempat atlet tersebut adalah Yuya Nagayoshi, 27, Takuya Hashimoto, 23, Takuma Sato, 23, dan Keita Imamura, 22. Keempat atlet tersebut dipulangkan karena mencoreng nama Jepang di mata dunia di ajang Asian Games 2018.

"Kami sangat malu. Kami meminta maaf dan berjanji bakal membimbing atlet untuk bersikap lebih baik," kata ketua JOC, Yasuhiro Yamashita.

Dikutip dari Bisnis.com, keempat atlet basket tersebut meninggalkan wisma dan pergi makan malam ke sebuah restoran di kawasan Blok M setelah bertanding melawan Qatar di Asian Games 2018, Kamis (16/8/2018). Mereka pergi mengenakan seragam tim dan kemudian menuju ke hotel terdekat guna melakukan transaksi bisnis seks.

Ini bukan kali pertama Jepang dibuat malu oleh atletnya. Pada Asian Games sebelumnya di Incheon, Korea Selatan, perenang Jepang, Naoya Tomita, tertangkap mencuri kamera jurnalis. Hal-hal semacam itulah yang membuat JOC malu dan berjanji bakal mendidik atlet mereka lebih baik.

"Ini adalah masalah disiplin dan saya minta maaf kepada semua warga Jepang dan pendukung kami. Saya bertekad untuk menghindari masalah disiplin semacam ini," sambung Yasuhiro Yamashita.