Jangan Hujat Anthony Ginting, Ini Loh Segudang Prestasinya

Anthony Sinisuka Ginting. (Badmintonindonesia.org)
24 Agustus 2018 17:25 WIB Ginanjar Saputra Sport Share :

Solopos.com, SOLO — Nama Anthony Sinisuka Ginting belakangan hari ini menjadi bahan perbincangan setelah gagal menyelesaikan partai pertama Babak Final Bulu Tangkis Beregu Putra Asian Games 2018 melawan Tiongkok, Rabu (22/8/2018). Ia harus mundur dari pertandingan dan dinyatakan kalah karena mengalami cedera pada kedua kakinya.

Anthony Ginting kalah dalam partai pertama beregu putra melawan Shi Yuqi dari Tiongkok. Anthony kalah dalam pertarungan tiga game dengan skor 21-14, 21-23, dan 20-21. Banyak yang melemparkan pujian kepada Anthony karena bertarung hingga cedera. Namun banyak pula yang mencelanya. Padahal, Anthony cukup berprestasi.

Sebelum gagal di Asian Games 2018, pemain kelahiran Cimahi, 20 Oktober 1996 silam itu telah memiliki segudang prestasi. Berdasarkan catatan PBSI yang dipublikasikan Wikipedia, Anthony Ginting sudah mampu mengukir prestasi di tingkat nasional sejak masih berusia 16 tahun pada 2012 silam.

Pada 2012, pebulu tangkis tunggal putra yang kini mejadi andalan Indonesia di Asian Games 2018 itu telah mampu menjadi semifinalis Kejurnas, juara Sirnas Surabaya, dan juara Sirnas Bandung. Selang dua tahun kemudian, Anthony Sinisuka Ginting sudah berprestasi di kancah internasional.

Pada 2014 silam, ia berhasil menjadi semifinalis pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior. Di tahun yang sama, Anthony Ginting berhasil membawa pulang medali perunggu di Olimpiade Remaja.

Setahun kemudian, Anthony Ginting berhasil menjadi salah satu kontestan di ajang Indonesia Open Superseries Premier. Pria bertinggi badan 171 cm itu kemudian menjadi juara di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis pada 2016. Pada 2017 dan 2018, Anthony Ginting menjadi juara di Korea Open dan Daihatsu Indonesia Master.

Meski beberapa waktu lalu gagal di nomor bulu tangkis beregu putra, Anthony Ginting masih berkesempatan mengukir prestasi di Asian Games 2018. Setelah sembuh dari cedera, Anthony Ginting berkesempatan berlaga di nomor perorangan Bulu Tangkis Asian Games 2018.

Tokopedia