Asian Games 2018: Pencak Silat Sumbang Perunggu, Publik Indonesia Kurang Puas

Atlet pencak silat Indonesia, Amri Rusdana, meraih medali perunggu Asian Games 2018 (Instagram/kemenpora)
26 Agustus 2018 16:00 WIB Chelin Indra Sushmita Sport Share :

Solopos.com, SOLO – Atlet Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di Asian Games 2018 lewat cabang olahraga pencak silat. Kali ini, wakil Indonesia, Amri Rusdana, merebut medali perunggu pada cabang olahraga pencak silat pria kelas 70-75 kilogram.

Amri Rusdana meraih medali perunggu setelah dikalahkan pesilat Malaysia, Mohd Fauzi Khalid, di babak semifinal pencak silat Asian Games 2018 yang digelar di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (26/8/2018). Dalam laga tersebut, Amri kalah dengan skor 2-3.

Pencapaian Amri Rusdana diumumkan melalui laman resmi Instagram milik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), @kemenpora. "Alhamdulillah pagi ini Indonesia kembali mendapat tambahan medali. Amri Rusdana berhasil meraih medali perunggu dari cabang olahraga pencak silat di nomor Men's Class 70-75 kilogram," tulis @kemenpora.

Medali yang diraih Amri Rusdana menjadi perunggu yang ke-17 untuk Indonesia di Asian Games 2018. Sampai saat ini, Indonesia telah mengumpulkan 42 medali dengan perincian, 11 emas, 12 perak, dan 19 perunggu. Meski telah melakukan usaha maksimal, ada saja sejumlah netizen yang mengkritik prestasi Amri Rusdana.

Sejumlah netizen merasa tidak puas karena mengharapkan Amri Rusdana meraih medali emas di cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018. Sebab, pencak silat merupakan salah satu seni bela diri asal Melayu yang dikenal luas di Indonesia.

"Malu-maluin bela diri dari negara sendiri cuma dapat perunggu. Segitu saja sudah bangga banget. Kita sudah punya medali emas dari bela diri negeri luar, taekwondo. Terus apa salahnya kalau negara lain dapat medali emas dari pencak silat?" kritik @mr.2nd.acc.

"Wah, malu-maluin masak dari negara sendiri kalah sama orang asing. Ayo latihan lebih keras dong," imbuh @rossi.denno.

Tokopedia