Asian Games 2018: Revans Meyakinkan! Fajar/Rian Singkirkan Wakil Malaysia

Ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian saat melawan wakil India Attri Manu dan Buss Sumeeth Reddy, pada perempatfinal beregu putra Asian Games 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018). (Antara - INASGOC - Nafielah Mahmudah)
26 Agustus 2018 16:36 WIB Adib Muttaqin Asfar Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Muhammad Rian/Fajar Alfian (Fajar/Rian) melakoni laga yang tidak mudah untuk menyingkirkan pasangan Malaysia Teo Ee Yi/Ong Yew Sin di perempat final ganda putra bulu tangkis Asian Games 2018, Minggu (26/8/2018). Namun, ganda putra nomor 2 Indonesia ini tampil meyakinkan untuk melakukan revans atas Ong/Teo yang menghentikan mereka di All England.

Di awal game pertama, laga berlangsung sangat ketat. Ong YS/Teo EY melakukan perlawanan dan memaksa Fajar/Rian tak bisa meninggalkan perolehan angka terlalu jauh. Namun, mereka bisa unggul di interval pertama dengan beberapa drop shot tajam.

Di interval kedua, Fajar/Rian mulai meninggalkan ganda putra terkuat Malaysia ini dalam perolehan poin. Dengan postur tubuh yang cukup tinggi, Fajar/Rian menekan dengan smash-smash keras ke arah Ong/Teo. Bahkan Ong/Teo terpaksa harus jatuh bangun demi mengejar shuttlecock di akhir babak pertama. Fajar/Rian pun menutup game pertama dengan skor 21-17.

Gaya permainan di game kedua rupanya tak berubah. Fajar/Rian yang tampil lebih agresif mampu unggul cukup jauh di interval pertama. Mereka masih mengandalkan smash keras yang memaksa Ong/Teo hanya mengembalikan shuttlecock secara tanggung.

Fajar yang banyak berada di sektor depan tampak sengaja menyasar Teo dengan smash kerasnya. Mereka pun menutup interval kedua dengan skor 11-7.

Di inverval kedua, Fajar/Rian semakin jauh meninggalkan rival berat mereka itu. Mereka tampak lebih siap termasuk untuk memenangi adu drive. Mereka akhirnya menutup game kedua dengan sebuah smash menyilang yang gagal diantisipasi Ong/Teo. Perolehan poin pun cukup jauh, yakni 21-13.

"Soal strategi, kita bermain lebih siap dengan pola permainan kita dan kita pegang dari servis sejak pembukaan. Untuk bola depan kita lebih siap," kata Fajar seusai pertandingan yang ditayangkan secara live oleh Indosiar.

Dengan demikian, Fajar/Rian menjadi pemain putra ketiga Indonesia yang lolos ke semifinal setelah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Mereka akan menantang ganda putra China Li Junhui/Liu Yuchen di semifina. Ganda putra jangkung China ini telah menyingkirkan pasangan Srilanka Dias S/Goonethilleka B dua game langsung.

"Persapan kita siap mental karena melawan pasangan Tiongkok, tapi kita pengin memberikan yang terbaik apalagi sebagai tuan rumah," kata Rian.