Asian Games 2018: Mendebarkan, Marcus/Kevin Depak Wakil Malaysia

Marcu Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (Badmintonindonesia.org)
26 Agustus 2018 18:01 WIB Adib Muttaqin Asfar Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Indonesia memastikan dua wakilnya melaju ke semifinal ganda putra bulu tangkis Asian Games 2018. Setelah Fajar/Rian, pasangan nomor 1 dunia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan diri lolos setelah mengatasi perlawanan alot pasangan Malaysia Tan Wee Kiong/Goh V Shem.

Marcus/Kevin sempat kewalahan di awal babak pertama. Mereka tertinggal 3-4 karena kesalahan yang dilakukan Kevin. Sempat membalikkan keunggulan 6-4, namun pengembalian Kevin menghantam net dan skor menjadi imbang 6-6.

Pukulan Marcus dua kali menghasilkan angka setelah masuk ke area kosong. Namun akhirnya mereka tertinggal 10-11 di interval pertama.

Di interval kedua, Marcus langsung menyamakan angka 11-11. Namun Malaysia meraih dua angka berturut-turut. Kevin kembali meraih angka dan menipiskan angka menjadi 12-13. Marcus membalikkan kedudukan menjadi 14-13.

Kedua pasangan silih berganti meraup angka dengan ketat hingga 17-17. Namun, smash tajam dari Kevin ke sisi kiri area Malaysia membuat selisih poin melebar menjadi 18-17.

Goh/Tan terus mengejar dan menjadikan angka 20-20. Hingga akhirnya plessing Kevin berubah arah karena menyentuh net tak bisa diantisipasi pasangan Malaysia. Game pertama ditutup dengan aksi Kevin melayani adu drive panjang dan tak bisa dikembalikan pasangan Malaysia.

Game Kedua

Di awal game kedua, Tan Wee Kiong/Goh V Shem masih memberikan perlawanan ketat. Bahkan, mereka masih bisa menyamakan skor hingga 5-5. Interval pertama game kedua ditutup dengan poin untuk Marcus/Kevin setelah pengembalian Goh VS keluar lapangan. Marcus/Kevin unggul 11-8.

Di interval kedua, Minions kembali bermain agresif di depan net. Strategi itu langsung menghasilkan angka dan mengubah skor menjadi 12-8.

Sempat terjadi reli panjang saat kedua pasangan ini saling beradu smash dan drive. Jika Kevin lebih banyak melepaskan smash, maka Goh/Tan terus bertahan dan mencari celah untuk melepaskan plessing berbahaya. Reli ini dimenangi oleh Goh/Tan 16-14.

Bahkan, pasangan Malaysia ini menyamakan angka menjadi 17-17 karena kesalahan servis dari Kevin. Beruntung Marcus/Kevin masih bisa meninggalkan mereka 2 poin, namun kembali disamakan Goh/Tan menjadi 19-19.

Minions akhirnya meraih game poin setelah Kevin kali ini dengan jeli membiarkan shuttlecock keluar lapangan. Mereka meraih angka penentuan setelah adu drive mereka ditutup dengan pengembalian Goh/Tan yang menyangkut di net.

Pertandingan ini memang tidak mudah bagi Marcus/Kevin. Seusai laga, Marcus mengakui telapak tangan kanannya sampai lecet. "Agak lecet dikit," katanya yang ditayangkan live oleh Indosiar. "Mestinya kita memang harus siap dengan bola-bola cepat itu."

"Kita fokus bagimana cari poin, kita fokus sebaik mungkin," imbuh Kevin.

Marcus/Kevin22-21Goh VS/Tan WK
21-19