Rifki Ardiansyah Arrosyiid, Prajurit Ganteng Peraih Emas Karate Asian Games 2018

Rifki Ardiansyah Arrosyiid (Twitter)
26 Agustus 2018 19:02 WIB Chelin Indra Sushmita Sport Share :

Solopos.com, SOLO – Karateka Indonesia, Rizki Ardiansyah Arrosyiid, menyumbang medali emas ke-11 di pesta olahraga se-Asia, Asian Games 2018. Tak tanggung-tanggung, pemuda berusia 20 tahun itu berhasil menumbangkan juara karate dunia asal Iran, Amir Mahdi Zadeh.

Pertandingan antara Rifki Ardiansyah Arrosyiid dan Amir Mahdi Zadeh berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Minggu (26/8/2018), siang. Rifki mengalahkan Amir Mahdi Zadeh pada kategori kumite kelas 60 kilogram dengan skor 9-7.

Prestasi yang diraih Rifki Ardiansyah Arrosyiid di Asian Games 2018 terbilang sangat luar biasa. Sebab, pemuda kelahiran 24 Desember 1997 itu pada awalnya kurang dijagokan. Dikutip dari laman resmi Asian Games 2018, ini merupakan kali pertama baginya mengikuti pesta olahraga se-Asia.

Rifki Ardiansyah Arrosyiid yang memiliki tinggi badan 167 sentimeter dan berat 60 kilogram merupakan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dikutip dari Bisnis.com, Rifki Ardiansyah Arrosyiid berstatus sebagai sersan muda di Kodam V Brawijaya yang bertugas mengawasi keamanan di Provinsi Jawa Timur.

Rifki Ardiansyah Arrosyiid (Twitter)

Meski baru debut di Asian Games, Rifky Ardiansyah Arrosyiid mengantongi sejumlah prestasi tingkat internasional di bidang karate. Pemuda asal Surabaya, Jawa Timur itu pernah meraih medali perunggu pada nomor tim kumite di SEA Games 2017 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia juga pernah menduduki peringkat ke-15 untuk nomor 55 kilogram putra di World Junior, Cadet, and U21 Championship. Dia juga tercatat di peringkat ke-66 di Karate 1 Premier League di Dubai pada 2017 lalu.

Pengalaman mengikuti kejuaraan karate tingkat internasional agaknya membuat kemampuan Rifki Ardiansyah Arrosyiid bertambah. Kini, dia berhasil mengalahkan Amir Mahdi Zaneh yang dua kali menjadi juara karate dunia pada 2012 dan 2016.

Kemenangan dan keberhasilan Rifki Ardiansyah Arrosyiid meraih medali emas Asian Games 2018 ke-11 untuk Indonesia diapresiasi oleh warganet. Ini merupakan kali pertama bagi Indonesia meraih medali emas Asian Games di cabang olahraga karate sejak 2002 silam. Tak hanya memuji kemenangannya, netizen juga terpesona dengan parasnya yang tampan.

"Selamat! Serda Rifki Ardiansyah Arrosyiid meraih emas cabang olahraga karate kelas 60 kilogram. Luar biasa. Pertama kali sejak 2002," puji @AfifFuadS.

"Yang namanya Rifki pasti alisnya tebel-tebel. Selamat buat Rifki Ardiansyah Arrosyiid atas raihan emasnya," sambung @rifky_pras.

"Rifki Ardiansyah Arrosyiid bibir sampai berdarah. Tapi tak kenal kata menyerah. Selamat," imbuh @olimzz.

"Tambah list atlet ganteng Indonesia. Rifki Ardiansyah Arrosyiid," imbuh @silbanarosaaa.

"Rifki Ardiansyah Arrosyiid, ganteng bep unch," lanjut @ningrumswft.

Tokopedia