Atasi Thailand, Indonesia Tantang Korsel di Perempatfinal Voli Putra Asian Games 2018

Pemain voli putra Indonesia Rivan Nurmulki (kiri) dan Sigit Ardian (kanan) mememblok bola di babak kualifikasi voli putra Asian Games 2018 melawan Thailand di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (26/8/2018). Indonesia menang 3-2. (Antara - INASGOC - Rakhmawaty La\\\'lang)
26 Agustus 2018 22:29 WIB Newswire Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Tim bola voli putra Indonesia lolos ke babak perempat final Asian Games 2018 secara dramatis. Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor tipis 3-2 (25-22, 25-23, 23-25, 22-25, 15-12) pada laga kualifikasi 12 besar di Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Pelatih tim nasional bola voli putra Samsul Jais mengatakan salah satu kunci kemenangan Indonesia atas Thailand dalam laga kualifikasi 12 besar adalah mental anak asuhnya yang lebih baik dalam momen-momen kritis.

"Kita main dengan Thailand tidak hanya fisik tapi juga mental, karena melawan musuh bebuyutan, siapa yang kuat mental, akan menang," kata Samsul saat ditemui seusai pertandingan.

Dalam pertandingan yang menguras stamina dan mental tersebut, Indonesia menang secara dramatis atas sesama negara Asia Tenggara, Thailand, 3-2 (25-22, 25-23, 23-25, 22-25, 15-12), dan memastikan kelolosan ke perempatfinal. Kuatnya kondisi psikologis tim Indonesia yang didukung ribuan fans di Tennis Indoor GBK, terlihat ketika Rivan Nurmulki dan kawan-kawan tidak goyah saat kejar-mengejar poin. Thailand memang sempat unggul dalam perolehan skor.

Selain itu, menurut Samsul, kunci kemenangan lainnya adalah strategi untuk membongkar pertahanan tim gajah putih yang telah dilakukan anak asuhnya dengan baik dan teknik bermain bola voli yang dilaksanakan sesuai instruksi. "Semua konsentrasi memainkan teknik bermain voli dengan bagus. Kalah atau menang itu belakangan, tapi kalau melakukan teknik dengan benar, maka akan menang," kata Samsul.

Tercatat sebagai bintang pertandingan dalam kemenangan ini adalah Rivan Nurmulki dan Rendy Tamamilang yang sama-sama mencatatkan 18 spike serta Sigit Ardian yang menyumbang 13 spike. Sebanyak enam blok dari Yuda Mardiansyah dan empat blok dari Mahfud Nurcahyadi ikut memberikan poin bagi Indonesia.

Dengan kemenangan yang ikut disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ini, maka Indonesia dipastikan lolos ke perempatfinal untuk menantang Korea Selatan pada Selasa (28/8/2018).

Tokopedia