Atlet Panjat Tebing Solo Raih Perak Asian Games 2018, Pemkot Siap Beri Bonus

Atlet panjat tebing asal Solo, Alfian M. Fajri. (Istimewa)
28 Agustus 2018 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SOLOAlfian M. Fajri memang baru saja gagal mempersembahkan medali emas dari cabang olahraga panjat tebing di Asian Games 2018. Namun atlet asal Kota Solo ini tetap akan diguyur deretan bonus seusai meraih medali perak di nomor Men’s Speed Relay bersama Tim Indonesia 1.

Tak hanya bonus dari pemerintah pusat, Alfian bakal diganjar bonus dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Pemkot Solo. Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Suhanto, memastikan ada apresiasi yang setimpal terhadap prestasi Alfian. Menurut Suhanto, atlet yang baru berusia 19 tahun itu tak hanya membanggakan Indonesia, melainkan juga Kota Bengawan.

“Jangankan tingkat internasional, prestasi level provinsi saja kami beri apresiasi. Kami yakin Wali Kota [F.X. Hadi Rudyatmo] sudah memikirkan itu,” ujar Suhanto saat berbincang dengan Solopos.com di Solo, Selasa (28/8).

Selain dari Pemkot, Suhanto memastikan bonus bagi Alfian bakal mengalir dari Pemprov Jateng. Pihaknya menyebut Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, bakal secara simbolis menyerahkan bonus bagi atlet-atlet Jateng yang berprestasi di Asian Games 2018 pada pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Solo, Oktober 2018 mendatang.

“Namun kami belum mendapat kabar besaran bonus yang diberikan,” kata dia.

Suhanto mengatakan Pemkot sejak awal sudah yakin Alfian M. Fajri bakal menyumbangkan medali dalam debut-nya di Asian Games. Dia menyebut perkembangan Alfian belakangan cukup pesat setelah digembleng Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Solo maupun pelatnas.

Alfian bersama rekannya di Indonesia 1 yakni Aspar, Sabri, dan Septo Wibowo bahkan berpeluang meraih emas andai tidak didiskualifikasi karena melakukan false start. Laga final akhirnya dimenangi Indonesia 2 yang diperkuat Hinayah Muhammad, Sufriyanto Rindi, Abu Dzar dan Leonardo Veddriq.

“Semoga prestasi Alfian mampu menginspirasi atlet panjat tebing muda lain di Solo untuk mengikuti jejaknya,” ujar Suhanto.

Ketua Umum FPTI Solo, Her Suprabu, turut mengapresiasi keberhasilan Alfian meraih medali perak di Asian Games 2018. Menurut Her, capaian Alfian menjadi motivasi tersendiri bagi atlet panjat tebing Solo yang akan berlaga di Porprov 2018. Disinggung apakah Alfian bakal tampil di Porprov, Her masih menunggu kepastian regulasi.

“Alfian sebenarnya masuk tim inti kontingen Solo, tapi infonya atlet yang sudah bermain di level internasional tak boleh ikut Porprov.”

Lebih jauh FPTI Solo siap memperjuangkan bonus tambahan bagi Alfian. “Nanti akan kami laporkan ke Wali Kota. Kami akan dorong, mudah-mudahan ada perhatian untuk kehidupan atlet ke depan.” 

Tokopedia