Profil Hanifan Yudani Kusumah, Pesilat yang Peluk Jokowi-Prabowo

Hanifan Yudani Kusumah (Instagram/hanifan_yk)
29 Agustus 2018 19:37 WIB Chelin Indra Sushmita Sport Share :

Solopos.com, SOLO – Nama pesilat Hanifan Yudani Kusumah mendadak viral di media sosial setelah mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Asian Games 2018. Dia mendapatkan emas setelah mengalahkan pesilat Thai Linh Nguyen asal Vietnam pada laga final kelas 55-60 kilogram putra yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (29/8/2018), sore.

Setelah dinyatakan menang, Hanifan Yudani Kusumah atau yang akrab disapa Hanif naik ke tribun dan merangkul Presiden Joko Widodo bersama Prabowo Subianto. Aksi spontan pesilat yang menarik perhatian itu langsung viral dan menjadi bahan bahasan di dunia maya.

Dikutip dari berbagai sumber, Hanif adalah pesilat muda yang lahir pada 25 Oktober 1997. Pesilat dengan tinggi badan 165 cm itu berlatih pencak silat sejak kecil. Dia dilatih oleh ayahnya yang tergabung di pemusatan latihan nasional (pelatnas) pencak silat pada 2005.

Darah pesilat dari sang ayah membuat Hanif tertarik belajar pencak silat. Pemuda asal Bandung itu sering mengikuti kejuaraan pencak silat di Jawa Barat sampai akhirnya bergabung di pelatnas pada 2017. Hasil kerja kerasnya membuahkan hasil perunggu pada ajang SEA Games 2017. Sementara pada kejuaraan Belgia Open 2018 lalu dia berhasil merebut medali emas.

Meski sibuk berlatih, Hanif tetap eksis di media sosial. Akun Instagram pribadinya, @hanifan_yk, memiliki lebih dari 60.000 pengikut. Akun tersebut dipakai untuk memamerkan berbagai aktivitasnya selain latihan, termasuk momen bersama kekasihnya yang juga seorang pesilat, Kamelia Pipiet.

Tokopedia