Cedera Kambuh, Atlet Jalan Cepat Indonesia Gagal Sumbang Medali

Atlet jalan cepat Indonesia, Hendro Yap. (Antara/M. Agung Rajasa)
30 Agustus 2018 17:25 WIB Newswire Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA - Atlet jalan cepat Indonesia, Hendro Yap, gagal menyumbang medali pada nomor 50 kilometer putra Asian Games 2018. Dalam perlombaan itu, cedera Hendro kambuh sehingga membuat performanya tak maksimal.

"Saya terus jalan karena saya butuh prestasi di atletik karena masih ingin terus berprestasi," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Kamis (30/8/2018).

Dalam pertandingan tersebut, Hendro finis di posisi kelima dengan 4 jam 32 menit 20 detik. Dia mengaku telah menahan sakit akibat kambuhnya cedera itu hingga kilometer ke-27. Padahal, dia sudah mendapat banyak peringatan dari tim medis yang berjaga.

Hendro memang memiliki riwayat cedera. Dia pernah mengalami cedera ligamen krusiat anterior (ACL) yang pada 2013. Cedera itu diduga kambuh saat dia turun pada babak final nomor jalan cepat 50 kilometer putra Asian Games 2018 di Jakarta, Kamis pagi WIB.

Menurut Hendro, lutut kirinya mengalami pengapuran dan sempat disarankan operasi. Namun, dia memilih jalan lain untuk rehabilitasi. Menurutnya, operasi akan membuatnya berhenti dari atletik.

"Saya memang disuruh operasi untuk cedera ini namun saya tidak mau karena kemungkinan bisa kembali di atletik hanya 25 persen, saya tidak mau," ungkapnya.

"Dokter bilang saya harus berhenti dan divonis bisa lumpuh karena cedera ini menyangkut ke tulang ekor. Namun saya masih mau merasakan keberhasilan lebih lama lagi," jelas Hendro.

Sumber : Antara