Timnas Takraw Putra Indonesia ke Final, Peluang Emas Lagi di Asian Games 2018

Pemain sepak takraw putra Indonesia Saiful Rizal (kiri) menendang bola diadang pemain Singapura Mohamad Alhaj Bin Kasmanani pada pertandingan semifinal quadrant putra sepak takraw Asian Games 2018 di GOR Ranau, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Jumat (31/8/2018). (Antara - INASGOC - Ferdy Siregar)
31 Agustus 2018 20:30 WIB Newswire Sport Share :

Solopos.com, PALEMBANG -- Timnas sepak takraw putra Indonesia melaju ke final setelah berhasil menundukkan Singapura pada babak semifinal sepak takraw nomor quadrant Asian Games 2018, Jumat (31/8/2018).

Timnas sepak takraw Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0 atas tim putra Singapura pada pertandingan semifinal di Ranau Hall Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatra Selatan, Jumat sore.

Pada set pertama, timnas Indonesia yang dimotori Saiful Rizal menang mudah mengalahkan Singapura dengan skor 21-8. Sedangkan pada set kedua tim tuan rumah juga berhasil menggunguli dengan skor 21-12 atas tim putra Singapura yang dimotori Mohamad Alhaj bin Kasmanani.

"Sesuai prediksi kita sampai di final, tinggal lihat besok apa yang terjadi harapan kita adalah yang terbaik tentunya," kata pelatih Indonesia, Asry Syam.

Menurut dia, permainan tadi sudah memadai dan Singapura punya servis yang akurasinya bagus. Ia menyampaikan, kecepatan bola tim Singapura hanya standar saja, tapi akurasinya tepat. Itu yang sangat berbahaya dibandingkan servis keras tapi akurasinya tidak jelas.

Dituturkannya bahwa di final tim Indonesia siap bertarung dengan Jepang atau Vietnam. Indonesia pernah bertemu pula dengan tim Jepang sehingga Indonesia optimistis meraih hasil terbaik di final Asian Games 2018.

"Tadi kita bisa mengatasi permainan Singapura sehingga bisa memenangkan pertandingan," kata pesepak takraw Indonesia Nofrizal menambahkan. Sementara itu, tim putra sepak takraw Jepang pada babak semifinal berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor dua set langsung, 21-17 dan 21-15.

Tim Putri Kalah

Sayangnya, keberhasilan timnas sepak takraw putra Indonesia tidak diikuti oleh timnas putri. Timnas sepak takraw putri Indonesia gagal melangkah ke babak final setelah dikalahkan tim putri Vietnam 1-2 pada pertandingan sepak takraw di nomor quadran Asian Games 2018.

Timnas sepak takraw putri Indonesia yang dimotori Lena harus mengakui keunggulan tim putri Vietnam dimotori Thi Xuyen Duong pada pertandingan semifinal di nomor quadrant Asian Games 2018 di Ranau Hall Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat sore.

Mesti gagal ke final namun tim tuan rumah memberikan perlawanan ketat sepanjang pertandingan yang berlangsung tiga set. Pelatih timnas sepak takraw Indonesia Asry Syam mengatakan, pada kenyataanya tim putri Indonesia kalah dari tim putri Vietnam.

Menurut dia, dari segi skor sangat ketat dan hanya selisih satu timnas putri Indonesia dikalahkan oleh vietnam. "Saya pikir itu suatu pelajaran buat kita, masih ada sisi hal yang perlu dibenahi," ujarnya.

Ia menuturkan, sekian lama tim putri bertarung dengan tim-tim putra sehingga ketemu servis-servis lemah dan sangat lemah agak kewalahan. "Tadi kita sudah ada perlawanan di set kedua, terus set ketiga tertinggal selisih angka dan pada akhirnya bisa mengejar, namun dewi fortuna belum berpihak kepada kita," katanya.

Sumber : Antara