Kejurnas Gantole Digelar di Puncak Joglo Wonogiri Pekan Depan

Federasi Aero Sport Indonesia saat menggelar olahraga gantole di Puncak Joglo, Desa Sendang, Wonogiri, beberapa waktu lalu. (Istimewa/Susetiyoko)
01 September 2018 11:00 WIB Ichsan Kholif Rahman Sport Share :

Solopos.com, WONOGIRI — Kejuaraan Nasional Gantole 2018 akan digelar di Puncak Joglo, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri pada Selasa (4/9/2018) hingga Sabtu (8/9/2018). Kejuaraan gantole akan mempertemukan atlet-atlet dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Ketua Federasi Aero Sport Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Susetiyoko Achmad, saat dihubungi solopos.com, Jumat (31/8/2018), mengatakan kejuaraan nasional gantole race to goal atau cross country terbatas digelar di Wonogiri dan Kabupaten Semarang.

Peserta berasal dari tiap-tiap daerah yang memiliki kepengurusan pada tiap provinsi yang akan digunakan sebagai akumulasi peringkat nasional.

“Kemungkinan akan diikuti oleh sepuluh provinsi, sedangkan jumlah atlet setiap daerah menyesuaikan finansial masing-masing. Kejuaraan akan dibagi dalam dua kelas yakni kelas A dan B yang membedakan hanya spesifikasi pesawat, kelas A untuk layar ganda dan B layar tunggal. Tidak ada batas usia, sejauh ini masih umum saja asalkan memenuhi kualifikasi kami perbolehkan,” ujar Susetiyoko.

Ia menambahkan saat ini dunia gantole di Jawa Tengah masih berada pada tahap pembinaan dan pengembangan. Pasalnya, untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai olahraga gantole bukan perkara mudah.

Selain itu, peminat olahraga gantole tidak banyak dikarenakan pertimbangan operasional, risiko, peralatan hingga pandangan gantole merupakan olahraga ekstrem. Maka sebagai wujud sosialisasi dilakukan kejuaraan bertahap dan berkesinambungan agar masyarakat mengetahui olahraga gantole merupakan olahraga yang aman asalkan sesuai dengan prosedur yang ada.

Di Wonogiri saat ini belum memiliki atlet gantole yang profesional masih dalam tahap siswa.

“Dahulu Kabupaten Wonogiri memiliki atlet gantole, namun dengan alasan pekerjaan ia pindah ke Jakarta. Memang saat ini profesi atlet belum dapat dijadikan sebuah mata pencaharian masih dalam sebatas hobi atau sampingan saja,” ujarnya.

Menurutnya, lokasi landasan gantole terbaik di Jawa Tengah di Indonesia bahkan dunia berada di Puncak Joglo Kabupaten Wonogiri dan Telomoyo Kabupaten Semarang.

Namun, Puncak Joglo memiliki kelemahan pada emergency landing area kurang aman dan diperlukan penataan agar lebih optimal. Sedangkan, di Telomoyo akses jalan menuju lokasi dalam keadaan rusak.

Dia menambahkan setelah di Wonogiri, Kejuaraan Nasional Gantole Race To Goal Seri II akan digelar di Kabupaten Semarang pada Selasa (11/9/2018) sebagai agenda tahun 2018.

Ia berharap olahraga gantole di Jawa Tengah semakin berkembang disusul dengan munculnya atlet-atlet berprestasi di Jawa Tengah. Ia juga bermimpi agar Jawa Tengah menjadi pusat pendidikan dan pelatihan gantole di Indonesia bahkan dunia.

Direktur BUMDes Sendang Pinilih, Sukamto, mengaku pihaknya sebagai tuan rumah sangat mendukung dengan kejuaraan gantole yang digelar FASI Jateng.

Ia menambahkan landing area di Waduk Gajah Mungkur akan bergeser ke sebelah timur untuk menghindari pepohonan yang dapat menimbulkan turbulensi agar lebih aman. Pembukaan akan dilakukan di Puncak Joglo dan penutupan acara kejuaraan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. 

Tokopedia