Si Cantik Rikako Ikee, Peraih Medali Terbanyak Asian Games 2018

Perenang Jepang Rikako Ikee berpose seusai upacara penyerahan medali nomor 100 Meter Gaya Bebas Putri Asian Games 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018). (Antara - INASGOC - Sigid Kurniawan)
02 September 2018 17:30 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Si canti Rikako Ikee, atlet renang asal negeri matahari terbit Jepang, berhasil menyabet gelar Most Valuable Player Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Bukan karena kecantikannya, gelar itu dia raih karena raihan medalinya.

Olympic Council of Asia (OCA) memilih Ikee karena dia berhasil mengantongi enam medali emas di setiap nomor pertandingan renang yang dia ikuti. Ini merupakan jumlah medali terbanyak yang diraih oleh seorang atlet di turnamen ini.

“Terima kasih banyak, saya sangat senang dan terkejut mendapatkan penghargaan ini,” kata Ikee seusai menerima penghargaan dari OCA di ruang jumpa media Media Press Center Asian Games 2018, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/9/2018).

Ikee merupakan atlet perempuan pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan MVP sepanjang sejarah Asian Games 2018 digelar. Padahal, usianya saat ini masih 18 tahun.

Pada Asian Games 2018, dia berhasil menduduki kursi juara pertama pada nomor pertandingan tunggal Women's 50 M Freestyle, Women's 100 M Freestyle, Women's 50 M Butterfly dan Women's 100 M Butterfly. Sedangkan pada pertandingan beregu, dia bersama tim renang putri Jepang lainnya, berhasil merebut emas pada nomor Women's 4×200 M Freestyle Relay dan Women's 4×100 Medley Relay.

Ikee mengatakan dia tidak pernah menyangka akan mendapatkan penghargaan sebagai atlet terbaik pekan olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade ini. Karena itu, dia sudah lebih dulu kembali ke tanah airnya sebelum penutupan. Namun, ketika dia dihubungi akan mendapatkan penghargaan, Ikee pun segera kembali ke Jakarta.

"Sebenarnya setelah pertandingan saya pulang ke Jepang, saya tidak berpikir saya akan kembali lagi ke Indonesia. Namun, ketika dikabari bahwa saya menjadi MVP saya segera kembali ke Jakarta. Saya senang bisa ke sini lagi," tuturnya.

Ikee menerima beberapa hadiah dari OCA dengan prestasi terbarunya ini. Dia menerima trofi penghargaan, uang sebesar US$50.000 atau sekitar Rp736,5 juta (kurs Rp14.730/dolar) atau jika dikonversikan ke Yen menjadi sekitar 5,56 juta Yen.

Selain itu, perempuan berusia 18 tahun ini juga diberikan suvenir berupa kumpulan pin penyelenggaraan Asian Games sejak Asian Games pertama hingga Asian Games ke 18.

Tahun ini merupakan kali ke-6 tradisi MVP Asian Games diadakan. Gelar MVP pertama diberikan pada Asian Games 1998. Nama pemenang MVP sejak tahun 1998 adalah Koji Itu (Renang, Jepang) Asian Games Bangkok 1998, Kosuke Kitajima (Renang, Jepang) Asian Games Busan 2002, Park Tae-hwan (Renang, Korea) Asian Games Doha 2006, Lin Dan (Bulutangkis, China) Asian Games Guangzhou 2010, dan Kosuke Hagino (Renang, Jepang) Asian Games Incheon 2014.

Tokopedia