386 Karateka Adu Kuat di Sukoharjo

Pencak Silat (Antara/Melvinas Priananda)
20 September 2018 03:00 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 386 karateka asal Kota Makmur bakal meramaikan kejuaraan karate Tiger Cup 1 yang diselenggarakan di Gedung Tridente Dome Futsal Joho Sukoharjo pada Minggu (23/9/2018).

Kegiatan ini diselenggarakan Pengurus Cabang (Pengcab) Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) Sukoharjo Periode 2018-2022 yang bernaung di bawah Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sukoharjo. Kegiatan ini merupakan bentuk gebrakan dari Pengcab Lemkari Sukoharjo yang belum lama ini dilantik.

Ketua Pengcab Lemkari Sukoharjo Andi Listiono mengatakan antusiasme para karateka asal Sukoharjo sangat tinggi untuk mengikuti kejuaraan ini. Panitia sebelumnya hanya mematok target jumlah peserta sebanyak 200 karateka. Namun, jumlah peserta kejuaraan karate ini malah bisa tembus 386 karateka.

Mereka berasal dari 30 kontingen dari unsur ranting/dojo Lemkari se-Kabupaten Sukoharjo. “Ke-386 peserta itu terdiri atas 232 atlet putra dan 154 atlet putri. Mereka akan bertanding di 435 kelas,” ujar Andi Listiono kepada Solopos.com, Rabu (19/9/2018).

Tiga tatami atau arena tarung khusus karate disiapkan oleh panitia. Kejuaraan ini mempertandingkan kategori usia dini hingga senior yang meliputi nomor kata dan kumite. Kejuaraan karate ini merupakan ajang pemanasan bagi Pengcab Lemkari Sukoharjo sebelum menjadi tuan rumah Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Lemkari Jawa Tengah (Jateng) yang akan dilaksanakan di pertengahan Desember mendatang. Kejurprov Lemkari Jateng itu akan diselenggarakan di Kartasura Sukoharjo dan akan diikuti kontingen cabang maupun dojo Lemkari dari kota/kabupaten di Jateng.

“Sungguh kami bangga karena jumlah peserta melebihi target yang kami patok. Kami berharap dengan kuantitas yang demikian banyak akan muncul bibit atlet karate yang berkualitas. Kami juga berharap atlet karate asal Sukoharjo bisa berprestasi di jenjang yang lebih tinggi seperti di tingkat provinsi atau bahkan nasional,” ucap Andi.