Rangking BWF Terbaru: Ginting Terhempas, Jojo Anjlok 3 Peringkat

Klasemen BWF World Rankings 20 September 2018
22 September 2018 10:00 WIB Samdysara Saragih Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA – Pemain tunggal bulu tangkis Indonesia terhempas di peringkat 10 besar pemain bulu tangkis terbaik dunia. Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, terhempas dari jajaran 10 besar pemain terbaik dunia.

Dalam pengumuman terbaru BWF World Rankings, Kamis (20/9/2018) hari ini, Ginting berada di peringkat 13 dunia dengan mengumpulkan 53.085 poin.

Padahal, pekan lalu dia masih duduk di nomor 10 klasemen yang tercatat sebagai peringkat tertinggi pemain Indonesia.

Penurunan peringkat juga dialami oleh peraih medali emas Asian Games 2018, Jonatan Christie. Pemain yang akrab disapa Jojo itu terperosok tiga setrip sehingga kini duduk di peringkat 15 dunia dengan 51.183 poin.

Jebloknya rangking kedua pemain muda Indonesia itu disebabkan hasil buruk Japan Open 2018. Ginting hanya mampu mencapai babak perempatfinal, sementara Jojo terhenti di babak 32 besar.

Alhasil, kedua pemain itu tidak dapat mengompensasi poin yang hilang dari Korea Open 2017. Pada BWF World Rankings pekan ke-38 ini, poin dari turnamen setahun yang lalu terhapus.

Padahal, Ginting adalah juara Korea Open 2017, sedangkan Jojo merupakan runner up sehingga poin yang terlikuidasi sangat besar.

Sementara itu, tunggal putra Tommy Sugiarto stagnan di peringkat 14 dunia dengan mengumpulkan 52.400 poin. Alhasil, saat ini putra legenda bulu tangkis Icuk Sugiarto tersebut menjadi pemain tunggal putra nomor dua Indonesia.

Kendati peringkat turun, Ginting dan Jojo bisa memperbaiki akumulasi poin pada pengumuman BWF World Rankings pekan depan setelah hasil China Open 2018 dihitung. Jojo yang langkahnya terhenti di babak 16 besar dipastikan mendapat 4.800 poin dari turnamen Super 1000 tersebut.

Adapun, Ginting berpeluang meningkatkan pundi-pundi poin bila mencapai hasil apik di China. Hari ini, pemain asal Cimahi itu lolos dari babak perdelapanfinal setelah mengalahkan Axelsen. Di perempatfinal besok, dia akan berhadapan dengan pebulu tangkis asal China, Chen Long.

Sementara itu, posisi tunggal putra nomor satu dunia masih diduduki oleh pemain asal Denmark, Viktor Axelsen. Peringkat kedua direbut oleh juara Japan Open 2018, Kento Momota, dari genggaman atlet asal China, Shi Yuqi, yang harus rela turun satu setrip.

Setelah tiga pemain itu, 10 besar rangking dunia ditempat oleh Lee Chong Wei, Chou Tien Chen, Chen Long, Son Wan Ho, Kidambi Srikanth, Kenta Nishimoto, dan Ng Ka Long Angus. Jepang dan China masing-masing memiliki dua pemain di posisi 10 besar.

Sumber : Bisnis Indonesia