Lee Chong Wei Didiagnosa Kanker Hidung, Ini Kondisinya

Lee Chong Wei di Malaysia Open 2017. (bwfbadminton.com)
22 September 2018 22:44 WIB Adib Muttaqin Asfar Sport Share :

Solopos.com, SOLO -- Beberapa waktu tak terdengar kabarnya dan absen di turnamen besar, pebulutangkis legendaris asal Malaysia, Lee Chong Wei, dikabarkan menderita kanker hidung. Hal ini merupakan kabar lanjutan setelah Lee sempat didiagnosa mengalami gangguan di sistem pernapasan.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Badminton Association of Malaysia (BAM) dalam pernyataan tertulis di laman resmi mereka, www.bam.org.my, Sabtu (22/9/2018). "Menanggapi kekhawatiran tentang kondisi Datuk Lee Chong Wei, BAM mengonfirmasi bahwa sang pemain telah didiagnosa mengalami kanker hidung stadium awal," sebut pernyataan tertulis BAM itu.

BAM juga menyatakan bahwa saat ini Lee Chong Wei berada di Taiwan untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk kondisi kesehatannya. Namun, BAM memastikan bahwa kondisi Lee merespons dengan baik perawatan yang diberikan.

Pemain tunggal putra yang dikenal akrab dengan Taufik Hidayat itu kini sedang beristirahat dan dalam proses penyembuhan bersama keluarga dan teman-teman dekatnya. "Atas nama Chong Wei, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada warga Malaysia atas doa dan perhatiannya. Dukungan Anda adalah sumber kekuatan dan dukungan," tutup Presiden BAM Dato’ Sri Norza Zakaria dalam pernyataan itu.

Lee Chong Wei telah dinyatakan absen dalam BWF World Championships 2018 yang digelar pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2018 lalu. Dia juga absen pada Asian Games 2018, Japan Open 2018, dan terakhir di China Open 2018. Hal ini terkait kondisinya yang tidak memungkinkan untuk menjalani aktivitas fisik.

Sebelumnya, BAM juga menyatakan telah menerima laporan dari Lee tentang kondisi kesehatannya. Saat itu, Lee mengaku menderita gangguan pernapasan. "Dokternya menyarankan dia untuk istirahat dan menjalani perawatan. Selama itu, dia tidak bisa menjalani aktivitas fisik yang intensif setidaknya dalam sebulan," tulis BAM saat itu.