Anthony Ginting Kembali Tembus 10 Besar Rangking BWF

Anthony Ginting dan Viktor Axelsen (Badmintonindonesia.org)
27 September 2018 23:30 WIB Samdysara Saragih Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berhasil kembali masuk ke jajaran 10 besar pemain terbaik dunia setelah meraih gelar juara China Open 2018.

Pekan lalu, Ginting masih berada di posisi 13 dunia atau turun tiga peringkat dari pekan sebelumnya. Dalam rilis terbaru BWF World Ranks, Kamis (27/9/2018) hari ini, pemain berusia 22 tahun tersebut meloncat empat peringkat alias duduk di posisi sembilan dunia.

Ginting mengumpulkan 61.885 poin dengan tambahan poin terbesar disumbang dari gelar juara China Open 2018. Di turnaman Super 1000 tersebut, sang jawara diganjar 12.000 poin.

Membaiknya peringkat Ginting tidak diikuti oleh rekan seasramanya, Jonatan Christie. Peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut masih terpaku di rangking 15 dan tidak mengalami perubahan dari pekan lalu.

Pasalnya, Jojo, sapaan Jonatan, terhenti di babak pertama China Open 2018. Akibatnya, dia hanya mengumpulkan 51.663 poin sampai pekan ini.

Berita baik dari rilis rangking Federasi Bulu Tangkis Dunia ini adalah semakin menipisnya gap peringkat tiga sekawan tunggal putra Pelatnas Cipayung. Ihsan Maulana Mustofa pelan-pelan mendekati Ginting dan Jojo karena saat ini sudah menembus rangking 35 atau naik empat setrip dari pekan lalu.

Capaian tersebut sesuai dengan jerih payah Ihsan yang menggondol juara Bangka Belitung Indonesia Master 2018. Sementara itu, pemain tunggal putra non-Pelantas Cipayung, Tommy Sugiarto, masih tertatih-tatih memperbaiki peringkatnya. Hasil buruk di China Open 2018 membuat Tommy tetap di peringkat 14.

Kento Nomor Satu Dunia

Di dua turnamen BWF World Tour terakhir, Kento Momota asal Jepang tampil konsisten, juara Japan Open 2018 dan runner up China Open 2018. Poin yang dikumpulkan oleh Momota di dua turnamen itu pun sukses mengkudeta Viktor Axelsen dari posisi nomor satu dunia.

Pebulu tangkis asal Denmark yang sudah berada di singasana nomor satu dunia selama satu tahun ini harus melorot ke rangking tiga. Pemain nomor dua dunia kini berada dalam genggaman Shi Yuqi asal China.

Setelah tiga pemain itu, jajaran 10 besar dunia diisi oleh Chou Tien Chen, Lee Chong Wei, Kidambi Srikanth, Chen Long, Son Wan Ho, Ginting, dan Kenta Nishimoto.