Bupati Sragen Janjikan Rp25 Juta untuk Peraih Emas Porprov 2018

Bupati Sragen Yuni Sukowati memakaikan jaket kontingen kepada salah satu atlet renang saat melepas 127 atlet kontingen Sragen di Pendapa Rumdin Bupati Sragen, Jumat (28/9 - 2018). (Solopos/Tri Rahayu)
28 September 2018 23:30 WIB Tri Rahayu Sport Share :

Solopos.com, SRAGEN — Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjanjikan reward berupa uang tunai senilai Rp25 juta kepada atlet baik perseorangan maupun tim yang berhasil membawa medali emas untuk Sragen pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018. Bagi atlet yang membawa pulang medali perak dan perunggu juga mendapat hadiah uang, masing-masing Rp12,5 juta dan Rp7,5 juta per medali.

Janji Bupati itu disampaikan saat melepas kontingen Sragen yang terdiri atas 127 atlet dari 20 cabang olahraga di Pendapa Sumonegaran Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Sragen, Jumat (28/9/2018). Bupati Yuni mengatakan reward atau hadiah ini sebagai motivasi bagi para atlet untuk berprestasi dan membawa nama Sragen ke tingkat Provinsi Jateng.

“Kami serius membina atlet. Pelayanan publik Sragen sudah bisa ditiru daerah lain maka olahraga di Sragen mestinya juga harus mengikuti daerah lain yang berprestasi. Apa pun yang membawa nama Sragen naik tentu diprioritaskan. KONI [Komite Olahraga Nasional Indonesia] dengan keterbatasan masih bisa berprestasi meskipun ada empat atlet Sragen yang lari ke luar daerah karena menjadi ASN [aparatur sipil negara],” ujar Yuni.

Yuni bertanya kepada para atlet kalau tidak ada reward tentu tidak semangat untuk berprestasi. Yuni mengaku sudah berhitung anggaran untuk menentukan nilai reward bagi atlet yang berprestasi dan tentunya dengan referensi daerah lain di Soloraya.

“Dengan berhitung maksimal, kesimpulannya untuk atlet yang membawa perunggu mendapat reward Rp7,5 juta, perak Rp12,5 juta, dan emas Rp25 juta. Dengan catatan honor pelatih dan asisten sebesar 30% diambilkan dari anggaran reward tersebut,” jelas Yuni.

Yuni optimistis para atlet Sragen potensial untuk membawa pulang medali emas. Dia berani pasang target 10 emas untuk ajang Porprov Jateng 2018 karena ada sejumlah cabang olahraga yang diandalkan untuk mendapatkan medali emas.

Sementara itu, Ketua KONI Sragen, Sri Busono, tidak ingin bermuluk-muluk dalam menentukan target karena persiangannya sangat ketat. Target realistisnya, kata Busono, lima emas untuk cabang olahraga renang, petanque, panjat tebing, panahan, dan yongmoodo. Dia mengatakan cabang olahraga lainnya sebenarnya juga punya peluang dapat emas tetapi persaingannya sangat keras.

“Latihan sebenarnya sudah dilaksanakan sejak lama. Untuk tiga bulan terakhir, kami intensifkan dengan bantuan trasnportasi, nustrisi, dan seterusnya termasuk penyiapan sarana prasarana. Kami menggunakan anggaran 80% dari total dana untuk KONI Rp2 miliar untuk persiapan Porprov beserta pembinaan, akomodasi, dan sarana prasarana lainnya,” tuturnya.