Formula 1: Kvyat Resmi Balik Kucing ke Toro Rosso

Daniil Kvyat (Twitter)
30 September 2018 17:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SOCHI — Daniil Kvyat resmi menjadi pembalap Toro Rosso musim depan menggantikan Pierre Gasly yang hijrah ke Red Bull. Toro Rosso jelas bukanlah tim asing bagi pembalap asal Rusia tersebut. Ini bahkan menjadi kesempatan ketiga bagi Kvyat untuk unjuk kemampuan bersama tim asal Faenza, Italia, tersebut.

Tahun ini Kvyat memang “menganggur” dari dunia Formula 1 setelah didepak Red Bull akhir musim lalu. Pembalap 24 tahun itu kemudian menjadi pembalap pengembang Ferrari sebelum akhirnya ditawari Toro Rosso untuk kembali berkompetisi pada 2019.

Toro Rosso sendiri adalah pabrikan yang mengorbitkan nama Kvyat di F1 pada musim 2013-2014. Sempat pindah ke Red Bull pada medio 2015-2016, driver yang terkenal suka bikin ulah itu kembali ke skuat Faenza pada 2016-2017.

“Toro Rosso selalu membuat saya seperti di rumah sendiri. Saya yakin perasaan ini akan tetap sama musim depan,” ujar Kvyat seperti dilansir Motorsport, Sabtu (29/9/2018).

Kvyat berterimakasih pada Ferrari yang memberikan kesempatan baginya untuk tetap bersentuhan dengan jet darat musim ini. Dia mengaku banyak belajar dari Tim Kuda Jingkrak saat melalui simulasi mobil. “Saya kini merasa lebih kuat dan siap dibanding saat meninggalkan Toro Rosso [pada 2017],” ujar Kvyat.

Bos Red Bull yang juga membawahi Toro Rosso, Helmut Marko, menilai Kvyat akan kembali ke performa terbaiknya musim depan. Menurut Marko, sang pembalap kini lebih dewasa dan punya pandangan luas selepas bergabung di tim pengembangan Ferrari. “Yang terpenting dia lebih lapar [prestasi]. Sekarang dia memulai semuanya lagi dengan kesempatan menghampar,” tutur Marko.

Sementara itu, Pascal Wehrlein disebut-sebut menjadi kandidat pembalap kedua Toro Rosso bersama Brendon Hartley. Mantan rekan Rio Haryanto di Manor Racing itu kini berstatus free agent. Marko mengaku belum menunjuk pembalap untuk pendamping Kvyat. “Kami belum memutuskan, Wehrlein masih dalam daftar panjang,” ucap Marko.