Mengharukan! Indonesia Raya Diiringi Bahasa Isyarat di Opening Ceremony Asian Para Games 2018

Penari mempraktikkan bahasa isyarat saat lagu Indonesia Raya dinyanyikan di pembukaan Asian Para Games 2018 (Twitter)
06 Oktober 2018 19:51 WIB Chelin Indra Sushmita Sport Share :

Solopos.com, SOLO – Pembukaan pesta olahraga untuk atlet penyandang disabilitas, Asian Para Games 2018, Sabtu (6/10/2018), membuat warganet terharu. Acara yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, dan disiarkan langsung Metro TV dan TVRI mulai pukul 19.00 WIB menyuguhkan pertunjukan yang indah dan sarat makna.

Salah satu momen yang membuat terharu adalah saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Lagu tersebut dinyanyikan oleh penyanyi cilik yang diiringi bahasa isyarat oleh penari. Warganet yang menyaksikan opening ceremony Asian Para Games 2018 mengungkapkan kekaguman atas konsep acara tersebut melalui Twitter.

"Lihat lagu Indonesia Raya diiringi bahasa isyarat gini terharu banget aku #OpeningAsianParaGames2018," komentar @Randini_.

"Entah kenapa air mata ini enggak bisa berhenti lihat #OpeningAsianParaGames2018. Sumpah ini keren banget," imbuh @ikasarisantoso_.

"Keren banget nyanyi Indonesia Raya pakai bahasa isyarat, #OpeningAsianParaGames2018," lanjut @yorobyun.

Tak sampai di situ saja, penonton dibuat kagum dengan tarian balet yang dilakukan penari tunadaksa di pembukaan Asian Para Games 2018. Penari pria tersebut bergerak dengan gemulai di kursi roda diiringi lagu Bungong Jeumpa. Meski memiliki keterbatasan fisik, dia mampu mengimbangi gerakan balerina yang mendampinginya. Gerakan kedua penari itu terlihat sangat harmonis sehingga menciptakan keindahan yang membuat penonton menitikkan air mata.

Pembukaan Asian Para Games 2018 ini mengangkat tema We Are One sebagai gambaran Bhineka Tunggal Ika, alias keberagaman Indonesia. Acara pembukaan ini dipersiapkan dengan matang oleh panitia penyelenggara, Inapgoc, dengan menunjuk Jay Subiakto sebagai co-creative director, Andi Rianto sebagai music director, dan Chitra Subiyakto selaku costume designer.